Blog Ayam Bangkok

Obat Kurap atau Korep Ayam Tradisional paling Manjur

Sama seperti ayam lainnya, meski memiliki tubuh yang atletis dan fisik yang kuat, ayam bangkok juga dapat terserang penyakit, terlebih saat musim pancaroba. Salah satu penyakit serius pada ayam bangkok misalnya penyakit korep atau kurap. Penyakit ini adalah penyakit yang sering menyerang jengger, meski kadang kali ditemukan pula pada bagian kulit dan bagian tubuh lainnya.

Bagi para botoh, pengobatan korep pada ayam bangkok bisa dengan mudah dilakukan. Akan tetapi bagi para pemula, penyakit korep bisa jadi merupakan momok yang cukup menakutkan. Pada artikel kali ini kami akan membahas seputar bagaimana tips dan trik mengobati korep pada ayam bangkok menggunakan bahan-bahan alami dan tradisional khusus untuk para pemula yang belum berpengalaman. Untuk Anda yang ingin tahu teknik pengobatan ini, silakan simak pembahasan berikut!

Obat Kurap atau Korep Ayam Tradisional paling Manjur
  1. Sejarah dan Asal Usul Ayam Bangkok
  2. Cara Melatih Mental Ayam Bangkok
  3. Resep Obat Ngorok Ayam Bangkok

Obat Kurap atau Korep pada Ayam Bangkok

Korep adalah penyakit yang disebabkan oleh inveksi jamur pada sekitar jengger. Penyakit ini menyebabkan jengger yang terserang akan terlihat berwarna putih seperti habis dibedaki. Jika tidak ditangani dengan serius, jamur penyebab korep akan menyebar ke bagian tubuh yang lain, seperti bagian kulit dekat paruh, dekat kelopak mata, leher, dan lain sebagainya.

Untuk mengobati korep, para botoh biasanya akan menggunakan air rebusan daun sirih. Air rebusan daun sirih memang sudah dikenal memiliki sifat antifungi. Cara penggunaannya yaitu dengan memandikan ayam yang terserang menggunakan air rebusan tersebut kemudian mengeringkannya (dijemur). Setelah itu, olesi jengger yang terserang korep dengan salep kurap yang berbahan vaselin (saya sering menggunakan Salep 88). Setelah diolesi dengan salep, ayam kemudian dibiarkan dan tidak dimandikan minimal selama 3 hari hingga korep benar-benar lenyap. Jika mungkin korep masih membandel, treatment tersebut bisa diulangi seperlunya.

Kurap pada ayam juga dapat menyerang bagian selain jengger. Kurap bisa menyerang kulit yang berbulu, terlebih jika kandang ayam lembab dan terlalu rimbun. Untuk pengobatan kurap pada kulit, cara menanganinya yaitu dengan mencabuti terlebih dahulu bulunya, kemudian bersihkan kurap yang menempel, lalu olesi dengan salep khusus kurap. Salep yang dioleskan harus benar-benar meresap ke dalam bagian terdalam kulit, oleh karena itu usahakan agar ayam tidak terkena air atau dimandikan lebih dulu.

Pengobatan Kurap dengan Minyak Goreng dan Belerang

Jika menemukan daun sirih adalah hal yang sulit, Anda juga bisa menggunakan obat kurap untuk ayam bangkok dari bahan minyak goreng dan bubuk belerang. Kedua bahan tersebut juga memiliki sifat anti fungi seperti halnya ekstrak daun sirih. Cara penggunaannya sama, yaitu dengan cara dioleskan pada bagian tubuh ayam yang terserang kurap atau korep.

Tips Agar Ayam Tidak Terserang Kurap

Ada beberapa tips sederhana yang bisa Anda lakukan guna mencegah ayam kesayangan Anda tidak terserang kurap. Beberapa tips tersebut antara lain:
  • Usahakan untuk selalu membersihkan kandang secara rutin dari kotoran.
  • Berikan alas pasir untuk kandang untuk mencegah kelembaban tinggi di dalam kandang.
  • Usahakan udara dalam kandang tidak pengap dengan cara memberi saluran udara dan membuat kandang tidak terlalu rapat.
  • Jika ada ayam yang terserang korep, lakukan karantina atau pemisahan. Hal ini supaya ayam tersebut tidak menulari ayam-ayam lain yang sehat.

Nah, itulah beberapa tips cara mengobati kurap atau korep pada ayam bangkok kesayangan Anda. Semoga bisa bermanfaat dalam menjaga kesehatan calon juara tanding kesayangan. Salam.

0 Response to "Obat Kurap atau Korep Ayam Tradisional paling Manjur"