Blog Ayam Bangkok

6 Suplemen Ayam Bangkok Berkualitas dari Bahan Tradisional

Untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan staminanya, selain butuh jamu dan vitamin tubuh ayam bangkok berkualitas juga membutuhkan asupan suplemen secara rutin. Pemberian suplemen ayam bangkok bisa dikatakan sebagai suatu poin penting dalam perawatan ayam petarung calon juara. Suplemen dapat meningkatkan berbagai fungsi metabolisme di dalam tubuhnya, mulai dari pembentukan tenaga, pembentukan tulang, pertumbuhan bulu, sistem pencernaan dan lain sebagainya.

Suplemen Ayam Bangkok Berkualitas

Pada artikel berikut ini kita akan membahas tentang berbagai suplemen ayam bangkok berkualitas yang dapat dibuat dengan mudah karena berasal dari bahan-bahan tradisional di lingkungan sekitar kita. Suplemen-suplemen tersebut antara lain suplemen karbohidrat, protein, suplemen pencernaan, percepatan pertumbuhan bulu, dan suplemen kesegaran.

  1. Jamu Ayam Bangkok
  2. Ayam Bangkok Istimewa
  3. Obat Ayam Ngorok Tradisional

1. Suplemen Karbohidrat

Yang pertama adalah suplemen untuk meningkatkan penyerapan karbohidrat dalam sistem pencernaannya. Suplemen karbohidrat penting diberikan, terutama untuk meningkatkan stamina ayam bangkok yang akan diadu. Bahan yang digunakan adalah gula merah. Ya, cukup cairkan gula merah berukuran ½ jempol tangan, cairkan dengan air hangat, dan minumkan pada ayam bangkok ketika telah dingin. Ramuan ini diberikan saat malah hari, tepatnya sehari sebelum ayam bangkok berkualitas akan Anda adu.

2. Suplemen Kesegaran

Ayam bangkok yang tampak lesu dan pucat bisa diberi suplemen kesegaran dari bahan buah tomat matang. Penggunaannya cukup mudah, yaitu siapkan ½ buah tomat, lumatkan, kemudian cekoki ayam Anda dengan bahan tersebut. Suplemen ayam bangkok ini juga baik untuk mencukupi kebutuhan vitamin C nya, sehingga sebaiknya diberikan minimal 1-2 minggu sekali.

3. Suplemen untuk Protein

Jenis suplemen ayam bangkok ini dikhususkan bagi ayam yang pertumbuhannya lambat karena penyerapan protein dari pakannya tidak optimal. Untuk membuatnya, siapkan sebutir telur puyuh, rebus, kemudian lumatkan hingga halus, dan lolohkan sedikit demi sedikit ke mulut ayam Anda. Semakin sering diberikan, hasilnya akan semakin baik, terutama jika tipe tarung ayam Anda adalah tipe ayam pukul. Namun sebagai gambaran, saya sendiri memberikannya setiap 3-7 hari sekali hingga pertumbuhan tubuhnya terlihat berangsur membaik.

4. Suplemen Pertumbuhan Bulu

Ayam bangkok berkualitas yang memiliki pertumbuhan bulu yang lambat bisa diperbaiki dengan pemberian suplemen khusus berupa pil minyak ikan.  Saya sering menggunakan pil ini jika ayam terlihat memiliki bulu yang rapuh atau saat ayam melewati fase mabung. Pemberiannya tidak terlalu sering, cukup sekali saja sebanyak 1 butir untuk satu kali masa mabung atau saat dirasa perlu.

5. Suplemen Tulang

Tulang yang besar, kuat, dan keras merupakan modal utama bagi ayam untuk dapat bergerak secara dinamis dan terukur. Untuk memperkuat tulang pada ayam bangkok berkualitas yang Anda miliki, Anda bisa memberinya suplemen tulang yang berupa pil kalsium, misalnya pil Calq yang dapat dibeli di apotek sekitar rumah Anda.

6. Suplemen Pencernaan

Jika dirasa ayam Anda memiliki masalah dengan sistem pencernaannya, Anda bisa menjadwalkan pemberian suplemen pencernaan dari bahan alami berupa kunyit. Kunyit sangat efektif membersihkan saluran pencernaan ayam dari penumpukan sampah dan kotoran. Seperempat jempol kunyit yang diparut dan dilolohkan ke mulut ayam sudah cukup untuk pencernaan sehatnya.

Nah, demikianlah beberapa suplemen ayam bangkok berkualitas yang bisa dibuat dengan mudah dari bahan alami. Pemberian suplemen-suplemen di atas tidaklah wajib dalam perawatan ayam bangkok. Pemberian suplemen tersebut hanya dilakukan sesuai keadaan dan kebutuhan ayam yang dapat dilihat dari kondisi fisiknya. Semoga bermanfaat.

0 Response to "6 Suplemen Ayam Bangkok Berkualitas dari Bahan Tradisional"