Blog Ayam Bangkok

7 Tips Mencegah Wabah Penyakit Ayam Bangkok

Di musim pancaroba, bukan hanya manusia saja yang akan menjadi mudah terserang penyakit. Ayam bangkok aduan yang Anda miliki pun pastilah mengalami hal yang sama.

Saat cuaca tidak menentu, perkembangbiakan patogen penyebab penyakit, seperti virus, bakteri, dan jamur memang sangatlah cepat. Di sisi lain, dengan kondisi cuaca yang demikian, kekebalan tubuh malah menjadi turun drastis. Hal inilah yang memungkinkan penyakit jadi sangat cepat menyebar dan menjangkiti kita dan ayam-ayam kita.

Mencegah Wabah Penyakit Ayam Bangkok

Pada manusia, efek wabah penyakit di musim pancaroba bisa dibilang tidak terlalu jadi masalah. Namun, efek yang ditimbulkan dari penyebaran penyakit pada ayam bisa dikata sangatlah bervariasi, mulai dari yang ringan, hingga yang efeknya berat.

Tips Mencegah Wabah Penyakit Ayam Bangkok
  1. Obat Cacing untuk Ayam Bangkok
  2. Obat Ayam Lumpuh Tradisional
  3. Obat Ayam Ngorok
Pada kasus flu burung misalnya, akibat yang ditimbulkan dari inveksi dan penyebaran virus ini seringkali sampai membuat banyak peternak ayam mengalami frustasi karena ayam-ayam di kandang mereka mati dengan sangat cepat. Secara finansial, ekonomi, maupun psikologis efek ini tentu sangat memprihatinkan. Untuk itu, diperlukan langkah-langkah pencegahan yang bisa menangkal semua penyakit yang datang ke peternakan kita agar beragam efek tersebut tidak kita alami.

Berdasarkan pengalaman saya sebagai peternak ayam bangkok aduan selama 12 tahun, pencegahan penyakit pada ayam sebetulnya bisa dilakukan dengan tips dan cara yang mudah. Asalkan kita teliti dan sigap memperkirakan keadaan, insyaAlloh kita bisa melewati musim penyakit ayam dengan senyum simpul. Berikut akan saya bagikan tips-tips dan cara mencegah penyakit ayam bangkok yang biasa saya terapkan di peternakan saya.

1. Pemilihan Lokasi Kandang

Lokasi kandang adalah salah satu kunci sukses budidaya ayam bangkok. Kandang yang terletak di lokasi yang buruk bisa mempengaruhi kelangsungan bisnis budidaya, terutama terkait tingkat penyebaran penyakit ayam, begitupun sebaliknya. Oleh karena itu, tindakan pencegahan ini sebaiknya menjadi early warning bagi Anda yang baru akan memulai usaha budidaya ayam bangkok.

Bagi saya, syarat utama lokasi kandang yang baik untuk budidaya ayam bangkok tidak harus muluk-muluk. Yang utama adalah pilihlah lokasi yang benar-benar jauh dari tempat budidaya ayam potong. Ayam potong umumnya dibudidayakan dalam jumlah yang sangat besar sehingga kemungkinan jumlah virus penyebab penyakit pada ayam di lokasi itu juga sangat besar.

2. Tidak Mencampur Ayam

Tips mencegah penyakit ayam bangkok yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah usahakan untuk melakukan menejemen peletakan kandang secara tepat. Jangan pernah mencampurkan ayam dalam satu kandang besar. Buatlah kandang yang sederhana dantidak terlalu besar untuk satu ekor ayam saja. Sekat-sekat antar kandang sangat penting untuk mencegah penularan penyakit.

3. Perhatikan Kebersihan Kandang

Menjaga kebersihan kandang dan tingkat kelembaban tanah di sekitar kandang juga sangat penting dalam mencegah penyakit ayam bangkok. Seperti diketahui bahwa kandang yang kotor dan lingkungan yang lembab adalah tempat parasit penyebab penyakit berkembang biak. Oleh karena itu, jangan biarkan tempat yang menjadi lingkungan hidup ayam bangkok Anda menjadi sarang penyakit. Lakukan pembersihan kandang secara rutin minimal seminggu sekali dan buatlah drainase (saluran air) agar tanah yang basah di sekitar kandang bisa cepat kering.

4. Kandang Harus Steril

Kandang ayam bangkok harus terhindar dari lalu lalang orang atau hewan lainnya. Mereka bisa saja menjadi mediator yang membawa bibit penyakit dari luar masuk ke dalam kandang. Pagar keliling menggunakan batu bata berdasarkan pengalaman saya cukup efektif mencegah penularan penyakit yang datang karena vektor hewan, manusia, serta udara yang masuk ke lingkungan kandang. Ya, meski untuk membuatnya kita perlu menganggarkan dana besar, tapi hasilnya pasti memuaskan dalam jangka panjang.

5. Tindakan Karantina

Setiap ada ayam bangkok Anda yang sakit atau ada ayam bangkok baru yang Anda beli dari peternak lain, usahakan untuk melakukan tindakan karantina terlebih dahulu. Karantina dimaksudkan agar ayam sakit tidak menulari ayam yang sehat dan ayam yang berasal dari tempat lain bisa dipastikan tingkat kesehatannya.

Tindakan karantina tidak butuh waktu lama. Untuk ayam sakit, karantina dilakukan hingga ayam tersebut pulih dan kembali sehat. Sedangkan untuk ayam baru, setidaknya karantina dilakukan selama 1 minggu.

6. Menjaga Ayam saat Tidur

Penularan penyakit seringkali terjadi saat malam hari. Hal ini saya sudah saya buktikan berulang-ulang. Ayam yang pada sore harinya masih sehat dan bugar, seringkali di musim penyakit pada pagi harinya ayam tersebut sudah ditemukan mati kaku.

Saya biasa mensiasati masalah ini dengan melakukan penyelubungan kandang ayam menggunakan kain. Selain membuat kondisi dalam kandang menjadi hangat dan ayam terbebas dari gigitan serangga, penyelubungan ini cukup efektif mencegah penularan penyakit lewat udara. Saya biasa menggunakan kain-kain bekas banner yang banyak menumpuk setiap ada acara resmi di tempat kerja.

7. Kebersihan Tempat Pakan

Tempat pakan sering kali menjadi sumber masalah penyakit ayam, terutama jika ayam kita makan jenis pakan basah, seperti dedak dan pur. Tempat pakan yang lembab sangat disukai bibit penyakit karena selain lingkungan mikronya cocok untuk berkembang biak, tempat pakan juga biasanya mengandung karbohidrat yang diperlukan bibit penyakit untuk tumbuh. Untuk itu, jika ingin meminimalkan risike serangan penyakit ayam bangkok, Anda juga perlu memelihara tingkat kebersihan tempat pakan mereka.

8. Desinfektasi

Meski dalam peternakan skala kecil, desinfektasi juga kadang diperlukan terutama bila wabah penyakit ayam di sekitar lingkungan kandang sudah sangat menggejala. Saya biasanya menyemprot kandang menggunakan cairan desinfektan yang sangat sederhana, yakni menggunakan air sabun. Kandungan bahan aktif di sabun cair atau sabun batangan yang sudah diemulsikan sudah cukup untuk membunuh semua kuman penyebab penyakit pada ayam bangkok.

8. Pakan, Jamu, Suplemen, dan Vitamin

Setelah semua cara pencegahan penyakit ayam bangkok yang saya jelaskan di atas sudah dilakukan, sekaranglah saatnya mengeluarkan jurus pamungkas. Jika cara-cara di atas lebih difokuskan untuk pencegahan penyakit dari lingkungan luar, cara terakhir ini merupakan cara yang kita lakukan langsung pada ayamnya, yaitu dengan cara meningkatkan sistem imunitas atau kekebalan tubuhnya dari serangan penyakit. Caranya yaitu dengan memberikan asupan pakan yang cukup, jamu, suplemen, serta vitamin sesuai kebutuhan.

Saya tidak akan menjelaskan secara rinci untuk yang satu ini karena sudah sempat saya bahas pada artikel sebelum-sebelumnya. Untuk jamu pencegah penyakit ayam Anda bisa mengetahui ramuan yang biasa saya gunakan pada artikel di link ini, sedangkan untuk vitaminnya, Anda bisa baca di link ini.

Demikianlah sekilas pemahaman saya mengenai cara mencegah penyakit ayam bangkok yang saya miliki dan bisa saya bagikan. Semoga bisa diambil manfaatnya sehingga ayam-ayam bangkok aduan kesayangan kita terhindar dari bala penyakit di masa depan. Salam.

0 Response to "7 Tips Mencegah Wabah Penyakit Ayam Bangkok"