Blog Ayam Bangkok

5 Alasan Mengapa Usaha Ternak Ayam Bangkok sangat Menggiurkan

Pasang surut bisnis yang berbasis pada hobi sering kali memang jadi momok yang menakutkan bagi orang yang ingin memulai usaha ternak ayam bangkok. Kita tentu masih ingat dengan bagaimana limbungnya usaha budidaya ikan louhan, tanaman gelombang cinta, hingga yang terbaru bisnis yang berbasis hobi batu akik. Beberapa contoh tersebut menggambarkan bahwa betapa kehati-hatian menjadi sangat penting dalam menjalani usaha yang berbasis hobi.

Ternak Ayam Bangkok

Kendati demikian, Anda seharusnya tak memiliki kekhawatiran serupa jika Anda berencara untuk membuka usaha ternak ayam bangkok. Meski juga tergolong usaha yang berbasis hobi, usaha ternak ayam bangkok telah teruji waktu tidak terpengaruh pada faktor kesukaan pehobi dadakan. Pehobi ayam bangkok yang menjadi pasar utama dalam usaha ternak ayam yang kita akan jalankan justru kian bertambah seiring waktu. Regenerasi pehobi ayam terus saja terjadi dari zaman kerajaan dulu hingga era digital seperti sekarang ini. Selain itu, usaha ternak ayam bangkok juga dikatakan menggiurkan karena alasan berikut ini:

Ternak Ayam Bangkok
  1. Merawat Anak Ayam Bangkok supaya Cepat Besar
  2. Ciri Ayam Bangkok Unggul untuk Indukan
  3. 6 Persiapan Usaha Peternakan Ayam Bangkok

1. Modal Kecil

Hal pertama yang menjadi alasan mengapa usaha ternak ayam bangkok sangat menggiurkan adalah karena usaha ini tergolong membutuhkan modal yang kecil sehingga setiap orang bisa menjangkaunya. Modal yang tergolong besar dalam merintis usaha ternak ayam bangkok hanyalah ketika awalan kita memilih induk. Indukan yang dianjurkan untuk memulai usaha ini adalah indukan ayam bangkok asli (F1) yang langsung diimpor dari Thailand sehingga harganya juga tinggi. Terlepas dari itu, modal untuk sarana dan prasarana penunjang lainnya masih terjangkau oleh masyarakat ekonomi kelas bawah sekalipun.

2. Perawatan Mudah

Selain karena hanya membutuhkan modal yang kecil, usaha ternak ayam bangkok dikatakan menggiurkan juga karena dalam menjalaninya kita tidak direpotkan dengan beragam kegiatan perawatan. Perawatan ayam bangkok yang mudah memungkinkan kita untuk menjadikannya sebagai selingan pekerjaan utama kita. Selain untuk menyalurkan hobi, ternak ayam bangkok juga bisa membantu perekonomian keluarga supaya dapur tetap ngebul.

3. Sarana Produksi Mudah Didapat

Beda dengan usaha budidaya pertanian yang sering kali mengalami kelangkaan sarana dan prasarana seperti pupuk dan obat-obatan, pada usaha ternak ayam bangkok kita akan bebas dari masalah itu. Pakan, jami. dan obat-obatan untuk ayam bangkok cenderung sangat mudah didapat. Kita bahkan bisa membuatnya sendiri dengan sumber daya yang ada di sekitar kita, terutama bagi Anda yang tinggal di perkampungan.

4. Pasar Terbuka Lebar

Seperti dijelaskan di atas bahwa regenerasi pehobi ayam bangkok terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Pehobi ayam yang masih pemula merupakan segmen pasar yang sangat menggiurkan. Disamping itu, bisnis usaha ternak yang masih minim pesaing bisa membuat kita sebagai pionir yang berhak memonopoli harga ayam sesuai dengan kualitasnya.

5. Keuntungan Besar

Dari pemaparan-pemaparan diatas, hal utama yang menjadikan usaha ternak ayam bangkok adalah karena keuntungan besar yang bisa Anda peroleh. Dengan modal yang kecil serta harga jual yang tinggi akan membuat margin keuntungan kita akan semakin luas. Apalagi jika ini ditunjang dengan lancarnya siklus pemasaran ayam bangkok yang dihasilkan dari usaha ternak kita. Bukan tidak mungkin, karena usaha ternak ayam bangkok yang dijalani, kita bisa meng-hajikan keluarga kita ke tanah suci.

Adapun selain ditinjau dari sisi manisnya, tampaknya perlu juga Anda memahami sisi pahit yang mungkin akan Anda alami ketika terjun ke bisnis ternak ayam bangkok ini. Beberapa diantaranya misalnya:
  1. Ayam bangkok mudah terserang penyakit terutama jika lokasi usaha berdekatan dengan kandang ayam potong.
  2. Hasil usaha ternak ayam bangkok tidak sesuai dengan selera yang diinginkan pasar.
  3. Terjadinya kehilangan akibat pencurian ayam.
  4. Hasil ternak ayam bangkok lebih banyak yang betina dari pada pejantannya.

Demikianlah sekilas uraian mengenai prospek dan peluang usaha ternak ayam bangkok yang dapat saya jelaskan. Semoga bisa memberikan gambaran bagi Anda yang masih bimbang menentukan antara lanjur dan tidak mengusahakan celah bisnis satu ini. Semoga bermanfaat!

0 Response to "5 Alasan Mengapa Usaha Ternak Ayam Bangkok sangat Menggiurkan"