Blog Ayam Bangkok

Resep Obat Ayam Ngorok Tradisional yang Paling Ampuh

Ayam ngorok merupakan salah satu masalah yang dapat terjadi karena adanya inveksi bakteri pada sistem pernafasan ayam kesayangan kita. Ngorok pada ayam menyebabkan ketangguhan ayam aduan menjadi menurun. Ia akan mudah lelah karena sulit bernafas akibat lendir yang terdapat dalam kerongkongan menghalangi keluar masuknya udara.

Ngorok harus segera ditangani melalui pengobatan khusus untuk mencegah terjadinya masalah-masalah kesehatan lainnya pada ayam kesayangan kita. Pengobatan ayam ngorok dapat dilakukan secara alami menggunakan resep obat ayam ngorok tradisional atau juga dapat menggunakan obat-obatan dari toko obat. Nah, pada artikel ini akan kita bahas tentang pengobatan ayam ngorok menggunakan resep tradisional saja. Silakan disimak.

Resep Obat Ayam Ngorok Tradisional

Bukan hanya kita, pehobi ayam aduan tempo dulu ternyata juga sering menemukan masalah ngorok pada ayam aduan kesayangannya. Kendati demikian, mereka tidak terlalu menganggap serius salah satu penyakit ayam aduan ini karena mereka sudah punya resep ampuh untuk mengobatinya.

Obat Ayam Ngorok Tradisional
  1. Merawat Anak Ayam Bangkok supaya Cepat Besar
  2. Usaha Ternak Ayam Bangkok yang Menjanjikan
  3. Jamu Ayam Bangkok sebelum Diadu
Resep obat ayam ngorok tradisional yang mereka pakai secara turun temurun masih terus digunakan oleh pehobi ayam generasi selanjutnya, meskipun tidak semua orang saat ini mengetahui varian apa saja yang dapat digunakan sebagai obat ayam ngorok tradisional tersebut. Menyadari hal tersebut, berikut ini saya telah merangkum berbagai resep obat ayam ngorok tradisional yang ampuh untuk menjadikan ayam aduan kita sehat dan terbebas dari masalah ngorok.

1. Daun Sirih

Salah satu obat ayam ngorok yang paling tenar dan banyak diketahui pehobi ayam saat ini adalah daun sirih. Resep ini dibuat dengan merebus 5 helai daun sirih –daun sirih merah lebih bagus- dalam 1 gelas air bersih. Kemudian air rebusan tersebut disaring dan campurkan air perasan dari 1 buah jeruk nipis ke dalamnya. Obat tradisional ini lalu diminumkan pada ayam yang ngorok ketika masih hangat. Dosis yang digunakan adalah 2 kali sehari, setiap pagi dan sore.

2. Bawang Putih

Bawang putih juga tergolong obat ayam ngorok tradisional yang sudah banyak diketahui kemujarabannya dalam meredakan masalah pernapasan ayam. Bawang putih yang diparut, kemudian diambil sarinya, untuk kemudian diminumkan pada ayam yang menderita sakit ngorok. Selain mengobati ngorok, sari bawang putih yang diminumkan pada ayam juga dipercaya berguna sebagai obat cacing dan obat untuk meningkatkan nafsu makan ayam aduan.

3. Getehan

Pehobi ayam aduan daerah Pantai Utara Jawa sering menggunakan tanaman getehan untuk mengobati masalah ngorok pada ayamnya. Tanaman getehan sendiri adalah sejenis tanaman perdu yang tumbuh di semak belukar. Buahnya merah dan berdaun lebar seperti ditampilkan pada gambar di atas.

Obat ayam tradisional yang satu ini sangat ampuh dan mujarab sekali. Ketika sore diberikan, ngorok pada ayam akan sembuh di pagi harinya. Kendati demikian, tanaman yang satu ini cukup sulit ditemukan, sehingga kita tidak bisa mengandalkan ia sepenuhnya.

Bagian tanaman yang digunakan sebagai obat ngorok adalah buahnya. Buah yang sudah matang (berwarna merah) ditumbuk kemudian diambil sarinya untuk kemudian diminumkan pada ayam yang sakit. Jika tidak langsung sembuh, ulangi pemberian ramuan ini setiap 1 hari sekali, saat malam hari.

Nah, itulah 3 resep obat ayam ngorok tradisional yang saya ketahui, jika Anda tahu jenis obat tradisional lainnya yang bisa digunakan untuk mengobati ngorok pada ayam, saya harap Anda mau membagi informasinya melalui kolom komentar di bawah ini.

Update 16 Mei 2016!!!

Di musim peralihan dari penghujan ke kemarau ini, serangan ngorok pada ayam bangkok di peternakan saya sangat luar biasa parah. Semua ayam di kandang, ngorok dengan tingkat yang berbeda-beda. Pengobatan dengan ramuan tradisional daun sirih dan bawang putih tidak menunjukan hasil yang memuaskan.

Saya pun kemudian menguji coba obat sederhana untuk menanggulangi penyakit serius ini. Obat tersebut adalah Bodrex Flu dan Batuk. Hasilnya luar biasa. Tak pernah saya bayangkan sebelumnya. Ayam bangkok ngorok yang ada di kandang saya berangsur-angsur sembuh. Silakan coba trik ini! Berikan 1 butir saja setiap hari hingga ayam Anda sembuh! Saya pastikan manjur!

5 Responses to "Resep Obat Ayam Ngorok Tradisional yang Paling Ampuh"

  1. Balasan
    1. Ok. Sama-sama, silakan dicoba tipsnya juragan. Salam kenal!

      Hapus
    2. Makasih gan... jualan ayam jago juga gan...

      Hapus
    3. Mksih gan,saya dpt solusinya krn resep trsebut.smga sukses

      Hapus
  2. Jual Gan. Tapi, gak menerima kirim. Biasanya orang datang langsung ke rumah, di Talang Jawa, Lampung Selatan.

    BalasHapus