Blog Ayam Bangkok

6 Persiapan Usaha Peternakan Ayam Bangkok

Kegemaran masyarakat terhadap ayam bangkok yang terus meningkat dewasa ini dengan ditunjang harga ayam bangkok yang kian melambung tinggi, telah membuat beberapa orang pehobi mulai mencari peruntungan dengan membuka usaha peternakan ayam bangkok. Celah pasar memang masih terbuka lebar dalam bisnis ini sehingga cukup menggiurkan untuk mulai dijamah para pemain-pemain lama. Jika Anda ingin ikut membuka usaha serupa, berikut ini kami telah sediakan tips-tips persiapan membuka usaha peternakan ayam bangkok untuk Anda. Pemahaman ini penting agar usaha yang nantinya Anda jalankan dapat menemui kesuksesan.

Peternakan Ayam Bangkok

Dalam memulai usaha peternakan ayam bangkok, modal utama yang harus dimiliki adalah keberanian dan tekat yang kuat, serta keyakinan akan kesuksesan di masa depan. Tanpa modal ini, meski kita memiliki keahlian budidaya yang mumpuni ditunjang sarana dan prasarana memadai, usaha peternakan ayam bangkok yang kita jalankan belum tentu akan membuahkan hasil yang optimal.

Peternakan Ayam Bangkok
  1. Mengenal Ciri Ayam Bangkok Asli F1
  2. Ayam Bangkok Istimewa
  3. 19 Ciri Ayam Bangkok Unggul untuk Indukan
Setelah memiliki keberanian dan keyakinan, tahap selanjutnya yang harus disiapkan adalah keterampilan atau keahlian Anda dalam usaha budidaya, lokasi yang baik untuk kandang, modal indukan unggul dan berkelas, pengetahuan tentang pakan, jamu, dan vitamin, pemahaman tentang cara melatih ayam bangkok aduan hingga menjadi juara, serta yang terakhir adalah link pemasaran.

1. Keahlian Budidaya

Keahlian dan keterampilan budidaya merupakan modal penting yang harus dimiliki jika Anda ingin membuka usaha peternakan ayam bangkok dalam skala besar. Pengetahuan tentang teknik mengawinsilangkan ayam, perawatan, pemeliharaan, serta beragam pengetahuan dasar lainnya ialah pondasi awal yang harus kokoh dimiliki.

Untuk memiliki keahlian dalam budidaya, hal utama yang menentukan adalah pengalaman atau jam terbang sebagai pehobi ayam. Seorang yang telah lama menggandrungi budidaya ayam pasti akan secara alami memiliki keahlian ini, baik itu dari pengalaman-pengalaman yang dilaluinya maupun dari tukar pemikiran dengan sesama pehobi ayam.

2. Modal Indukan Unggul

Setelah merasa bahwa Anda tidak masalah dengan teknik dan keahlian budidaya, tahap selanjutnya adalah menyiapkan modal indukan unggul. Dalam hal ini, sangat disarankan Anda menggunakan indukan ayam bangkok asli yang langsung berasal dari Thailand. Jangan menggunakan indukan campuran atau keturunan F2, F3, dst. Indukan yang demikian bisa mengancam kelangsungan usaha peternakan ayam bangkok Anda di masa yang akan datang.

Untuk memperoleh ayam bangkok asli kita memang harus merogoh kocek sangat dalam. Harga untuk sepasang indukan bisa mencapai nilai belasan juta rupiah. Akan tetapi modal yang besar tersebut pasti akan menghasilkan nilai tambah yang besar untuk keberlangsungan usaha di masa depan. Anak-anak ayam yang dihasilkan dua indukan tersebut pasti akan berkualitas dan laku keras di pasaran nantinya.

3. Kandang dan Lokasi Usaha

Modal selanjutnya yang harus dimiliki untuk membuka usaha peternakan ayam bangkok adalah lokasi usaha beserta kandangnya. Dalam hal ini, sangat disarankan bagi Anda untuk memilih lokasi yang mudah terjangkau, jauh dari peternakan ayam lainnya (terutama peternakan ayam potong), serta tingkat keamanannya terjaga. Syarat-syarat lokasi tersebut mutlak dipenuhi jika ingin berjalan dengan lancar tanpa hambatan.

Anda tak membutuhkan lahan yang terlalu luas untuk lokasi usaha. Pekarangan belakang rumah juga bisa digunakan untuk lokasi usaha asalkan memenuhi syarat-syarat di atas.

4. Pakan, Jamu, dan Vitamin

Ketiga hal tersebut juga tak kalah penting untuk diperhatikan dalam memulai usaha peternakan ayam bangkok. Anda harus menemukan formulasi tepat dalam memberikan pakan, jamu, dam vitamin untuk ayam bangkok peliharaan. Jika formulasinya tidak tepat, ada beberapa dampak buruk yang mungkin bisa menghampiri usaha Anda seperti, pertumbuhan ayam terhambat, biaya pakan melambung, atau hadirnya masalah-masalah kesehatan pada ayam.

5. Latihan

Kemampuan dan pengalaman dalam melatih ayam bangkok aduan penting dimiliki untuk membuat ayam yang dihasilkan usaha peternakan Anda memiliki daya gebrak dan bibit-bibit juara di medan laga. Ini merupakan tahap penting yang ditunjang oleh jam terbang Anda sebagai pehobi ayam. Bagaimana caranya supaya ayam Anda memiliki fisik dan mental tangguh adalah kunci dari keberhasilan usaha Anda selain ditunjang dengan modal indukan unggul dan perawatan yang intensif.

6. Pemasaran

Dan yang terakhir adalah mengenai pemasaran. Pemasaran juga merupakan proses yang benar-benar harus diperhatikan. Mulailah dengan mempelajari link-link pemasaran ayam bangkok di sekitar tempat tinggal Anda. Bagaimana pola dan tingkat kesukaan para pehobi terhadap jenis-jenis ayam bangkok yang diunggulkan. Semuanya harus dipelajari sehingga Anda bisa mudah menguangkan ayam bangkok yang diproduksi di peternakan Anda.

Mengenai masalah pemasaran sebetulnya tidak perlu diambil pusing jika Anda memang memiliki usaha peternakan yang menghasilkan ayam bangkok berkelas. Pemasaran akan berlangsung dari mulut ke mulut para pehobi yang telah mengenal kualitas usaha peternakan ayam bangkok Anda.

Demikian pemaparan mengenai tips-tips yang harus dipersiapkan dalam memulai usaha peternakan ayam bangkok aduan. Untuk lebih jelasnya tentang bagaimana seluk beluk usaha ini, tak ada salahnya Anda berbincang dengan para peternak ayam bangkok yang sukses di lain daerah. Amati, tiru, dan modifikasi apa yang ia lakukan kemudian terapkan pada usaha peternakan ayam bangkok Anda. Semoga bermanfaat!

0 Response to "6 Persiapan Usaha Peternakan Ayam Bangkok"