Blog Ayam Bangkok

6 Hal yang Menjadi Penyebab Penyakit Ayam Ngorok

Penyakit ayam ngorok merupakan salah satu penyakit yang sering terjadi pada ayam aduan dan ayam ternak jenis lainnya. Berbagai jenis unggas termasuk ayam bangkok memang rentan terserang penyakit ini, bahkan ayam-ayam liar yang diumbar tanpa pemilik seperti ayam alas atau ayam hutan juga bisa mengalami masalah ini. Nah, pada posting kali ini, saya akan memaparkan apa saja sebetulnya yang menjadi penyebab penyakit ngorok pada ayam. Pemahaman penyebab penyakit ayam ngorok ini penting, jika Anda ingin bisa melakukan pencegahan dan pengobatan salah satu penyakit pernafasan ayam ini dengan benar.

Penyebab Penyakit Ayam Ngorok

Ngorok umumnya terjadi karena adanya lendir yang menyumbat sistem pernapasan pada ayam mulai dari lubang hidung hingga kerongkongan. Lendir ini ada karena sistem pernafasan ayam tersebut terinveksi oleh bakteri. Bakteri yang menyebabkan lendir tersebut cukup banyak di antaranya Chronic Respiratory Disease (CRD), ILT, Snot, Korisa, ND, IB, serta AI. Lendir ini, selain menyebabkan ngorok juga dapat membuat ayam kita bersin-bersin.

Penyebab Penyakit Ayam Ngorok
  1. 13 Ciri Ayam Bangkok Istimewa Calon Juara
  2. 19 Ciri Ayam Bangkok Unggul
  3. Jamu Ayam Bangkok sebelum Diadu
Mengingat jika kasus ayam ngorok yang paling sering terjadi adalah karena disebabkan oleh bakteri CRD, maka kesempatan kali ini saya akan lebih menekankan pembahasan pada cara mengatasi penyakit ayam ngorok akibat inveksi bakteri ini.

Cara Mencegah Inveksi Bakteri CRD, Si Penyebab Ayam Ngorok

Bakteri CRD merupakan bakteri yang dapat menghidrolisis asam dalam sistem pernafasan berbagai jenis unggas dan menjadikannya semacam lendir yang sangat mengganggu kehidupan unggas tersebut. Di sekitaran peternakan ayam potong, bakteri CRD biasanya akan mudah ditemui. CRD dapat menyerang ayam pada semua umur, mulai dari yang masih muda hingga yang sudah dewasa.

Untuk mengatasi inveksi bakteri CRD pada ayam,para pehobi ayam disarankan untuk melakukan beberapa tips yang dapat mencegah tumbuh kembang bakteri ini di areal budidaya serta meminimalkan risiko kontak antara ayam yang dipelihara dengan tempat-tempat yang menjadi sarang bakteri ini. Tips tersebut di antaranya.

1. Karantina Ayam yang Sakit

Ayam yang sakit sebaiknya dikarantina dari ayam-ayam yang sehat. Bakteri penyebab ayam ngorok adalah jenis yang mudah menular. Meletakan ayam yang sakit dalam kelompok ayam sehat akan membuat semua ayam di dalam kelompok tersebut terkena penyakit ngorok. Jarak yang disarankan antara ayam yang sehat dengan yang sakit adalah 20 meter.

2. Lakukan Manajemen Perkandangan

Kandang merupakan salah satu sapta usaha tani yang perlu mendapat perhatian serius bagi para pembudidaya ayam. Ayam bangkok terutama, membutuhkan kandang yang memiliki desain tinggi. Meletakan ayam dalam satu kandang yang sempit membuat ayam akan berebut oksigen dan merangsang timbulnya masalah ayam ngorok.

3. Lakukan Menejemen Pakan

Jenis pakan yang tidak sesuai dengan usia ayam yang mengkonsumsinya akan memicu masalah pada sistem pernafasan ayam sehingga memicu timbulnya ngorok. Oleh karenanya pastikan jenis pakan yang akan Anda berikan sesuai dengan usia ayam yang Anda pelihara.

4. Sanitasi Kandang

Kandang yang bersih akan membuat ayam-ayam Anda terhindar dari serangan penyakit. Bersihkan kandang ayam Anda terutama dari kotorannya agar bakteri CRD penyebab ayam ngorok tidak tinggal disana. Seperti diketahui, bakteri CRD adalah jenis bakteri yang berkembang sangat pesat dilingkungan kaya amoniak seperti kotoran ayam.

5. Pengarungan Ayam

Kondisi cuaca yang ektrim pada saat musim hujan meningkatkan risiko ayam kita terserang ngorok. Oleh karena itu, ketika cuaca tidak baik –terutama saat malam hari-, karungilah ayam Anda agar bakteri tidak masuk melalui pernafasannya. Pengarungan juga bermanfaat untuk mencegah berbagai jenis penyakit lain seperti flu burung yang sering terjadi saat musim penghujan.

Demikianlah uraian saya mengenai penyebab penyakit ngorok pada ayam beserta tips untuk mencegahnya. Pencegahan memang perlu dilakukan, namun jika ayam kita sudah terserang, langkah-langkah tersebut tentu tidak akan membuahkan hasil, melainkan kita harus melakukan tindakan pengobatan. Tindakan pengobatan yang aman dapat dilakukan secara alami menggunakan bahan-bahan tradisional seperti yang dibahas di artikel “Resep Obat Ayam Ngorok Tradisional yang Paling Ampuh”.

0 Response to "6 Hal yang Menjadi Penyebab Penyakit Ayam Ngorok"