Blog Ayam Bangkok

6 Obat Bubul Ayam : Ayam Bangkok Anda Bubulan? Coba Tips Ini!

Salah satu masalah kesehatan yang sering dialami ayam bangkok aduan adalah telapak kaki bubulan. Kaki bubulan terjadi akibat adanya infeksi bakteri pada kaki ayam yang terluka. Setelah diadu, telapak kaki ayam umumnya akan mengalami luka. Luka tersebut jika dibiarkan akan terinfeksi bakteri terutama jika kandang ayam bangkok yang ditinggalinya kotor dan jarang dibersihkan.

Kaki bubulan pada ayam sangat berbahaya karena bisa menyebabkan ayam mengalami cacat permanen. Oleh karena itu, pengetahuan mengenai cara penanganan dan jenis obat bubul ayam yang mujarab perlu diketahui secara seksama.

Obat Bubul Ayam

Bubul pada kaki ayam dapat disembuhkan dengan beberapa obat. Berikut ini adalah beberapa obat bubul ayam serta cara menggunakannya. Silakan disimak!

Obat Bubul Ayam
  1. Merawat Anak Ayam Bangkok supaya Cepat Besar
  2. Jenis Kandang Ayam Bangkok, Gambar, dan Ukurannya
  3. 3 Obat Ayam Bangkok Ngorok

1. Garam dan Deterjen

Pengobatan bubul pada ayam yang pertama bisa Anda coba adalah pengobatan menggunakan deterjen atau garam. Pengobatan ini sebenarnya cukup efektif apabila diterapkan pada bubul yang masih belum parah. Caranya  siapkan comberan atau lumpur kemudian isi menggunakan air garam atau air deterjen bekas cucian. Setelah ayam dimandikan pada pagi hari, jemur ia di atas kubangan lumpur tersebut. Bubul yang mengeras akan rontok pada sore harinya.

2. Obat Kutil

Obat kutil juga bisa dimanfaatkan sebagai obat bubul ayam yang mujarab, terutama yang bermerk Colomac. Cara penggunaannya, bersihkan kaki ayam yang terserang bubul, usap menggunakan alkohol, kemudian olesi bagian kaki yang bubulan menggunakan obat kutil Colomac tersebut. Tutup luka menggunakan plester. Biarkan beberapa hari dan usahakan alas kandang si ayam berasa empuk dengan penambahan sekam atau jerami.

3. Counterpain

Obat kram otot seperti Counterpain bisa pula dimanfaatkan sebagai obat bubul ayam yang ampuh. Penggunaannya cukup dioles pada bagian kaki ayam yang terserang bubul, pegangi selama 5 menit hingga krim yang menempel kering, kemudian masukan ayam ke dalam kandang yang alasnya sudah dilapisi dengan sekam padi atau jerami.

4. Koyo Cabe

Beberapa botoh dikampung saya juga mempunyai resep pengobatan ayam bubulnya sendiri. Mereka menggunakan Koyo Cabe untuk menutupi luka bubul pada kaki ayam. Koyo tersebut diganti setiap 3 kali sehari dan selama 2 kali penggantian, biasanya bubul ayam sudah mulai kering dan membaik. Anda bisa mencoba cara sederhana ini, Koyo Cabe relatif lebih mudah didapat dibandingkan dengan obat bubulan pada ayam lainnya.

5. Paku Bakar

Pada intensitas serangan bubul yang sudah keliwat parah, beberapa botoh yang saya kenal juga menyarankan penggunaan paku bakar sebagai obat bubul ayam yang paling manjur. Paku yang berukuran seperti luka bubul dibakar hingga panas, kemudian ditempelkan ke mata bubul hingga ayam merasa kepanasan dan menghentakan cakarnya. Pengobatan ini dilakukan setiap hari selama 3 hari berturut-turut atau hingga bubul pada kaki ayam benar-benar sembuh.

6. Operasi Bedah

Cara terakhir yang bisa dilakukan untuk mengobati bubul ayam adalah dengan melakukan operasi sederhana. Cara ini mungkin merupakan cara yang benar-benar ampuh akan tetapi sebaiknya dilakukan jika cara-cara lain telah dicoba tapi tidak membuahkan hasil.

Operasi sederhana dapat dilakukan jika beberapa peralatannya sudah disiapkan. Peralatan yang dibutuhkan tersebut antara lain silet, alkohol, kapas, kain kasa, jarum, benang, dan betadine.

Setelah peralatan siap, barulah prosedur operasi pengobatan bubul ayam bisa dilaksanakan sebagai berikut:
  1. Kaki ayam yang bubulan dipegang terbalik menghadap ke atas untuk kemudian disterilkan menggunakan alkohol.
  2. Benjolan bubulan yang sudah dibersihkan kemudian dilukai atau diiris menyilang membentuk huruf X. Pengirisan sebaiknya dilakukan menggunakan silet baru agar tidak terjadi infeksi.
  3. Pencet bubul yang sudah disaya hingga nanah dari kaki keluar semua. Jika ada darah yang keluar, bersihkan menggunakan kapas.
  4. Setelah isi bubul keluar dan bersih, oleskan betadine secukupnya pada bekas sayatan.
  5. Bila sayatan terlalu besar karena ukuran bubul ayam besar, ada baiknya Anda terlebih dahulu menjahit lukanya menggunakan jarum dan benang.
  6. Setelah itu, tutup luka jahitan menggunakan perban. Biarkan selama seminggu dan periksa. Olesi betadine kembali dan tutup luka jika masih belum mengering, dan lakukan begitu seterusnya hingga luka bubul benar-benar sembuh.

Nah, demikianlah beberapa obat bubul ayam yang bisa Anda terapkan untuk menyembuhkan bubulan pada ayam bangkok kesayangan Anda. Jangan ragu untuk menerapkan teknik pengobatan di atas meskipun terdengar sangat ekstrim. Itu lebih baik dari pada Anda membiarkan luka bubul terus menjalar dan membuat ayam bangkok aduan kesayangan Anda menjadi cacat.

0 Response to "6 Obat Bubul Ayam : Ayam Bangkok Anda Bubulan? Coba Tips Ini!"