Blog Ayam Bangkok

Ini 2 Obat Ayam Pilek yang Super Ampuh untuk Ayam Bangkok Anda!

Pada saat musim pancaroba, ayam bangkok aduan kesayangan biasanya akan mengalami pilek. Penyakit pilek pada ayam bangkok ini oleh para ahli lazim disebut penyakit snot atau coryza. Penyakit tersebut disebabkan oleh inveksi bakteri Haemophillus galanarum pada saluran pernapasan ayam.

Mengingat angka kematian ayam karena penyakit ini sangat tinggi, yaitu mencapai 30%, pemahaman mengenai teknik pengobatan dan perawatan ayam yang sakit pilek mutlak harus dimiliki oleh kita selaku para pehobi ayam aduan. Berikut ini, saya telah menguraikan beberapa obat ayam pilek dan cara membuatnya untuk kita pahami bersama.

Obat Ayam Pilek

Sebelum membahas lebih jauh mengenai apa saja obat ayam pilek yang bisa digunakan, pertama kali yang harus kita ketahui adalah gejala-gejala yang timbul pada ayam yang terserang pilek atau snot.

Obat Ayam Pilek
  1. Merawat Anak Ayam Bangkok supaya Cepat Besar
  2. Usaha Ternak Ayam Bangkok yang Menjanjikan
  3. Jamu Ayam Bangkok sebelum Diadu
Adapun gejala yang timbul pada ayam yang terserang pilek berdasarkan pengalaman saya antara lain:
  • Mata dan hidung ayam mengeluarkan cairan kental berwarna kuning dan berbau khas.
  • Ayam terlihat mengantuk, sayapnya turun dan menggantung.
  • Adanya pembengkakan di sekitar sinus infra orbita.
  • Nafsu makan berkurang dan pertumbuhannya terhambat.
  • Ayam mengorok dan kesulitan bernafas.

Setelah diketahui mengalami beberapa gejala tersebut, ayam bangkok dapat diobati dengan obat ayam pilek dari jenis tradisional herbal yang bisa dibuat sendiri atau menggunakan obat pilek khusus ayam yang dijajakan di toko obat. Namun, sebelum diobati ada baiknya Anda mengkarantina ayam yang sakit dengan ayam yang sehat. Letakan ia di kandang yang berbeda agar pilek tidak menular pada ayam-ayam lain yang masih sehat.

1. Obat Ayam Pilek Tradisional

Mengobati ayam pilek menggunakan bahan tradisional banyak disarankan oleh para botoh tua. Beberapa bahan yang biasa digunakan antara lain kencur, jahe, dan gula batu. Dalam pembuatannya, ada 2 resep obat ayam pilek yang bisa Anda coba.

Resep pertama dibuat dengan mencampurkan 150 gr tepung beras, 100 gr kencur yang sudah ditumbuk halus, dan 1 jempol jahe yang sudah diparut. Kesemua bahan tersebut dicampurkan hingga merata kemudian dibentuk menjadi pil dengan ukuran sebesar biji jagung. Jemur pil herbal itu dan berikan dua kali sehari setiap pagi dan sore sebagai obat ayam pilek yang mujarab.

Resep obat ayam pilek selanjutnya dibuat dengan merebus 5 jari jahe dalam seliter air. Campurkan 5 sendok makan gula merah kemudian didihkan selama 20 menit. Air sari jahe ini bisa dicampurkan dengan air minum ayam yang sedang pilek.

2. Obat Ayam Pilek Kemasan

Pengobatan ayam bangkok yang pilek menggunakan obat kemasan dapat dilakukan dengan memberi preparat sulfat, misalnya yang bermerk dagang sulfadimethoxine atau sulfathiazole. Selain itu, antibiotik seperti imequil, ultramycin, atau corivit juga efektif untuk menghambat pertumbuhan bakteri penyebab pilek snot.

Adapun bila kondisi pilek pada ayam terlihat sudah parah, Anda juga bisa memberikan suntikan Sulfamix dosis rendah (0,4 cc/kg berat ayam) sebagai obat ayam pilek dengan efek yang paling mujarab. Pemberian obat ini bisa memberikan efek samping seperti ayam menjadi lemas beberapa hari.

Nah, itulah pemaparan mengenai obat ayam pilek untuk bangkok petarung kesayangan Anda. Menyadari bahwa mencegah lebih baik dari pada mengobati, kami sarankan Anda untuk rutin menjaga kebersihan dan kelembaban kandang ayam bangkok Anda terutama saat musim pancaroba. Lakukan hal tersebut jika Anda tak ingin semua ayam di kandang Anda mati semua. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Ini 2 Obat Ayam Pilek yang Super Ampuh untuk Ayam Bangkok Anda!"