Blog Ayam Bangkok

19 Ciri Ayam Bangkok Unggul untuk Indukan

Dewasa ini, hobi ayam bangkok aduan menjadi semakin ngetren di kalangan masyarakat kita. Banyak generasi muda yang mulai tertarik untuk belajar tentang bagaimana cara membudidayakan ayam bangkok dengan beragam tujuan. Adapun seiring dengan perkembangan ini, permintaan akan ayam bangkok unggul kian hari menjadi semakin tinggi. Ayam bangkok unggul dicari umumnya untuk digunakan sebagai babon atau indukan. Berikut pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang ciri-ciri ayam bangkok unggul yang baik digunakan sebagai induk. Pengetahuan ini penting untuk mencegah kesalahan awal dalam usaha budidaya ayam Anda. Silakan disimak!

Ayam Bangkok Unggul

Untuk menentukan suatu ayam bangkok tergolong unggul atau tidak, ada 3 cara yang dapat Anda gunakan. Ketiga cara tersebut adalah dengan menelusuri asal-usulnya, memahami gaya bertarungnya, serta melihat ciri-ciri fisik yang terdapat pada ayam tersebut.

Ayam Bangkok Unggul
  1. Mengenal Ciri Ayam Bangkok Asli F1
  2. Ayam Bangkok Istimewa
  3. 7 Ciri Ayam Bangkok Aduan dengan Pukulan Mematikan

1. Memahami Asal Usul Ayam Bangkok Unggul

Salah satu kriteria ayam bangkok unggul adalah bahwa ia berasal dari keturunan induk yang baik. Induk yang baik adalah induk yang berasal dari trah juara. Untuk mengetahui asal-usul indukan, kita dapat menyeleksi indukan lokal yang ada atau memintanya pada botoh tua yang sudah berpengalaman. Botoh tua biasanya sudah memiliki banyak jam terbang dan relasi sehingga ia pun pasti memiliki bibit-bibit ayam bangkok unggul di dalam kandang peliharaannya.

2. Mengenali Gaya Bertarung Ayam Bangkok Unggul

Selain dengan menelusuri asal usulnya, memilih ayam bangkok unggul yang hendak digunakan sebagai indukan juga dapat dilakukan dengan mengenali gaya bertarung ayam bangkok tersebut. Ayam bangkok unggul umumnya hanya akan melakukan pukulan-pukulan leher dan kepala. Pukulan semacam ini tentu adalah pukulan yang sangat kita inginkan dari ayam bangkok yang nantinya kita pelihara. Pukulan semacam ini mampu membuat kepala lawan robek, memar, membesar, dan KO di ronde-ronde awal. Untuk mengenali gaya bertarung ayam, tak ada cara lain selain dengan melakukan uji tanding.

3. Ciri Fisik Ayam Bangkok Unggul

Bila mungkin kedua cara memilih ayam bangkok unggul di atas tidak dimungkinkan, Anda juga dapat melakukan seleksi melalui beberapa ciri fisiknya. Berikut akan kami sajikan ciri-ciri fisik ayam bangkok unggul baik yang akan digunakan sebagai induk jantan maupun induk betina.

a. Ciri Fisik Ayam Bangkok Betina yang Unggul

Ciri fisik ayam bangkok unggul untuk indukan betina antara lain:
  1. Bila dilihat dari depan, bentuk kepalanya seperti bentuk kepala ular.
  2. Matanya bersih dan menjorok ke arah dalam.
  3. Bila dipegang dari bawah, badannya seperti botol atau batang pinang.
  4. Kakinya kering dan jarinya halus panjang.
  5. Tulang sapit udang, tulang di bagian pangkal ekor bawah lebarnya 3-4 jari.
  6. Tidak mudah sakit.
  7. Bulunya mengkilat bersih, tidak kusam.
  8. Ada jalunya lebih baik sebagai nilai tambah.

b. Ciri Fisik Ayam Bangkok Jantan yang Unggul

Adapun ciri fisik ayam bangkok unggul untuk pejantan antara lain:
  1. Bentuk kepala seperti buah pinang.
  2. Tulang kepalanya tebal dengan alis yang menjorok keluar.
  3. Kaki dan sisinya kering, sedang jarinya halus dan panjang.
  4. Paruh melengkung panjang dengan bentuk menyerupai paruh elang.
  5. Kepakan sayap rapat ke badan dengan kokok yang besar.
  6. Postur badan membulat seberti batang pohon pinang.
  7. Tulang badan kokoh dan tegak seperti tulang-tulang burung elang.
  8. Bulu mengkilat dan halus.
  9. Tulang sapit udang keras dan rapat.

Anda mungkin akan kesulitan menemukan ayam yang memiliki semua ciri-ciri di atas. Akan tetapi, jika Anda menemukan ayam yang memiliki lebih banyak kriteria tersebut, ambillah ayam itu sebagai indukan. Rawat dengan baik dan jadikan ia sebagai induk untuk calon ayam bangkok unggul yang nantinya jadi jawara Anda.

Demikianlah beberapa tips menentukan indukan dalam budidaya ayam bangkok unggul yang bisa saya sampaikan di kesempatan ini. Semoga bisa bermanfaat.

0 Response to "19 Ciri Ayam Bangkok Unggul untuk Indukan"