Blog Ayam Bangkok

6 Obat Ayam Lumpuh Tradisional dan Cara Membuatnya

Sebagai pehobi ayam bangkok aduan, terkadang kita akan menjumpai ayam yang tiba-tiba lumpuh tidak berdaya. Mereka lemas dan hanya tidur hingga bahkan untuk berdiri saja tidak bisa.

Masalah lumpuh pada ayam atau yang sering kali disebut masalah turun urat ini dapat disebabkan oleh beberapa hal. Pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang apa saja hal yang menjadi penyebab ayam lumpuh tersebut beserta obat ayam lumpuh tradisional dan metode perawatan yang sebaiknya diberikan untuk menyembuhkannya. Silakan disimak!

Obat Ayam Lumpuh

Sebelum membahas tentang beberapa obat ayam lumpuh dan cara penggunaannya, ada baiknya terlebih dahulu kita mengetahui perihal sebab-sebab yang bisa membuat ayam kesayangan kita lemah dan tidak berdaya.

Obat Ayam Lumpuh
  1. Perbedaan Ciri Ayam Bangkok Asli (F1) vs Keturunan atau Lokal
  2. 9 Katuranggan Ayam Bangkok Juara Rahasia Botoh Tua
  3. Mengenal Jenis Jenis Ayam Bangkok Berdasarkan Katuranggan
Adapun berdasarkan pengalaman para botoh, penyebab ayam lumpuh ternyata sangat beragam jenisnya, di antaranya adalah sebagai berikut:
  • Ayam terkena pukulan telak lawan di bagian tubuhnya yang sensitif. Penyebab ini dampaknya bisa langsung dirasakan saat itu juga, namun ada pula yang baru akan muncul pada beberapa hari kemudian.
  • Ayam bangkok aduan Anda memukul benda-benda keras misalnya kayu atau batu ketika tengah bertarung.
  • Ayam dipaksa bertarung saat umurnya masih terlalu muda.
  • Ayam ditarungkan dengan ayam yang umurnya jauh lebih tua.
  • Ayam ditarungkan tanpa adanya persiapan matang (Baca : Persiapan yang harus dilakukan sebelum ayam diadu).
  • Ayam lumpuh secara tiba-tiba juga bisa disebabkan karena terlalu sering di adu abar.

Cara Mengobati Ayam Lumpuh

Setelah mengetahui penyebabnya, langkah selanjutnya yang bisa dilakukan sebelum mengobati ayam lumpuh adalah dengan melakukan karantina. Pisahkan ayam bangkok Anda yang lumpuh dikandang yang berbeda. Setelah dikarantina, berikan perlakukan dan obat ayam lumpuh seperti yang saya jelaskan berikut ini:

1. Daun Serai

Perlakuan dan obat ayam lumpuh yang pertama adalah daun serai. Daun yang biasa digunakan sebagai bumbu masak ini ternyata memberikan efek normalisasi kesalahan yang ada pada struktur urat. Cara menggunakannya yaitu dengan menempelkan daun serai yang ditumbuk pada bagian yang terlihat sakit pada ayam. Penempelan dilakukan dengan bantuan kain perban selama 2 hari hingga diganti dengan yang baru jika belum sembuh.

2. Obat Tradisional

Selain dengan obat luar berupa daun serai, ayam lumpuh juga perlu diberi obat dalam. Obat ayam lumpuh bisa dibuat dari bumbu-bumbu yang ada di dapur. Cara membuatnya yaitu sediakan bawang merah, cabe merah, dan jahe dengan perbandingan 1 : 2 : 2.Semua bahan ditumbuk halus kemudian cekoki ayam dengan obat ramuan tersebut. Lakukan sehari sekali saat malam hari. Jika di pagi hari ayam belum terlihat perubahannya, lakukan terus berulang-ulang hingga hasilnya dirasa memuaskan.

3. Multivitamin

Selain dengan menerapkan pengobatan, ada baiknya ayam yang lumpuh juga diberi multivitamin khusus. Multivitamin penting diberikan untuk menjaga kekebalan tubuhnya yang melemah akibat malas makan. Adapun merk multivitamin yang banyak dianjurkan sebagai obat ayam lumpuh oleh para botoh adalah multivitamin Jalu Aji Ginseng Plus atau Becomp Plus yang dapat dibeli di apotek atau Ploutry terdekat.

4. Asupan Pakan

Selama mengalami turun urat atau lumpuh, asupan pakan ayam harus benar-benar diperhatikan. Si ayam yang lumpuh biasanya akan malas makan dan minum, oleh karena itu sebagai tuannya, kita harus menyuapinya untuk menjaga kondisi perutnya agar tidak kosong.

5. Perawatan Lainnya

Selain memberikan obat ayam lumpuh dan perawatan di atas, ada beberapa perawatan lain yang sebaiknya dilakukan pada ayam kita yang bermasalah. Beberapa perawatan tersebut misalnya:
Memijat bagian tubuh ayam yang sakit dengan salep atau minyak tawon, terutama jika pengobatan dengan daun serai tidak dilakukan.
  • Hindari memandikan atau menjemur ayam sampai kondisi ayam lumpuh benar-benar pulih.
  • Usahakan kandang ayam selalu dalam keadaan hangat di malam hari. Caranya yaitu dengan menyelambuinya kandang bagian luar dengan kain rapat.
  • Berikan obat penambah darah 1 tablet 2 hari sekali agar tubuhnya tetap fit. Obat penambah darah yang bisa diberikan misalnya Sangobion.
  • Berikan pula bawang merah 1suing setiap pagi untuk nafsu makan ayam aduan yang lumpuh dapat tetap terjaga.

Nah, demikianlah pemaparan mengenai obat ayam lumpuh dan cara perawatan yang sebaiknya diberikan pada ayam Anda yang bermasalah. Pemulihan cedera urat dan otot memang butuh waktu yang relatif lama. Kesabaran Anda akan benar-benar diuji dalam hal ini sehingga tetaplah semangat. Semoga bermanfaat.

0 Response to "6 Obat Ayam Lumpuh Tradisional dan Cara Membuatnya"