Blog Ayam Bangkok

4 Obat Cacing Untuk Ayam : Obat Tradisional yang Ampuh

Cacingan merupakan salah satu masalah kesehatan pencernaan yang perlu diperhatikan pada ayam bangkok aduan kesayangan kita. Penyakit yang ditimbulkan akibat inveksi platyhelmintes ini bisa membuat ayam bangkok kita tampak pucat dan lesu, nafsu makannya berkurang, hingga pada akhirnya membuat kemampuan bertarungnya melemah.

Cacingan harus segera diobati agar tidak menimbulkan efek yang berlarut-larut. Pengobatan bisa dilakukan dengan mudah, baik itu menggunakan obat tradisional, maupun menggunakan obat cacing untuk ayam yang bisa diperoleh di ploutry terdekat. Berikut ini kita akan mengulas mengenai beberapa jenis obat cacing untuk ayam serta cara pembuatan dan penggunaannya. Silakan disimak.

Obat Cacing Untuk Ayam

Ada dua jenis obat cacing untuk ayam bangkok, yaitu obat tradisional yang bisa dibuat menggunakan bahan herbal dan obat khusus cacingan yang bisa diperoleh di apotek. Saya sendiri cenderung lebih menyarankan Anda menggunakan obat cacing untuk ayam yang tradisional. Selain karena tidak perlu pergi ke apotek dan mengeluarkan uang, menggunakan obat tradisional juga lebih aman efeknya.

Obat Cacing Untuk Ayam
  1. Perbedaan Ciri Ayam Bangkok Asli (F1) vs Keturunan atau Lokal
  2. Jamu Ayam Bangkok untuk Nafas Panjang
  3. Jamu Ayam Bangkok sebelum Diadu

1. Buah Pinang

Obat cacing untuk ayam yang pertama dan yang paling sering digunakan olah botoh tua adalah buah pinang. Khasiat buah pinang memang sangat ampuh untuk mengeluarkan cacing yang bersemayam tinggal di usus ayam. Untuk menggunakan obat herbal cacingan ini, Anda dapat mengikuti cara saya sebagai berikut:
  • Pertama, siapkan satu buah pinang muda yang masih segar, kupas kulitnya kemudian iris kecil-kecil agar lebih mudah ditelan ayam.
  • Selanjutnya, biarkan tembolok ayam kosong dengan cara tidak memberinya makan lebih dulu selama setengah hari.
  • Lolohkan irisan buah pinang ke mulut ayam. Agar lebih mudah ditelan, lebih dulu celupkan irisan tersebut ke dalam minyak kelapa. Tembolok ayam terlebih dahulu dikosongkan dengan cara tidak memberi makan.
  • Jika irisan buah pinang telah tertelan semua, beri ayam bangkok Anda minum yang banyak dengan menggunakan spon basah yang diperas.
  • Pijat temboloknya perlahan supaya kandungan buah pinang cepat larut dalam air yang diminumnya.
  • Masukan ayam ke kandang dan biarkan beberapa jam. Lihatlah cacing-cacing yang selama ini tinggal di ususnya keluar bersama kotorannya.

Setelah diberi obat cacing untuk ayam bangkok ini, ayam Anda akan lemas selama 2-3 hari. Selama itu, jangan pernah menghabar atau mengadunya. Usahakan agar si ayam berisitirahat dan bila perlu berikan ia jamu penambah stamina untuk ayam bangkok yang resepnya dapat Anda ketahui di artikel ini.

2.  Tembakau

Selain buah pinang, tembakau juga bisa menjadi obat cacing tradisional untuk ayam bangkok aduan kita. Dalam hal ini, tembakau yang digunakan haruslah daun tembakau yang masih segar.

Untuk menggunakannya, cara yang dilakukan hampir sama dengan pengobatan menggunakan buah pinang. Lolohkan 3 x 1 irisan daun tembakau berukuran jempol tangan ketika tembolok ayam kosong. Ayam bangkok aduan yang diberi ramuan ini akan terlihat pusing. Kepalanya geleng-geleng dan matanya berair, persis seperti sedang kebingungan selama 1hari. Efek ini timbul akibat kandungan nikotin dalam tembakau yang tengah membunuh parasit cacing yang ada di ususnya.

3. Daun Pepaya Muda

Dibanding kedua bahan herbal di atas, daun pepaya menjadi obat cacing untuk ayam bangkok yang paling mudah didapat. Selain dapat mengobati cacingan, daun pepaya juga bisa menjadi obat penambah nafsu makan.

Obat herbal ini digunakan dengan cara yang sama seperti penggunaan buah pinang maupun daun tembakau. Resepnya juga bisa divariasikan dengan bahan lain seperti daun pete cina, bawang putih, dan jahe. Penggunaan bahan ini sebagai obat cacing ayam tidak menimbulkan efek langsung pada ayam seperti halnya efek buah pinang dan tembakau.

4. Obat Apotik

Jika merasa kesulitan memperolah bahan-bahan herbal di atas, Anda juga dapat menggunakan obat cacing ayam bangkok yang bisa langsung dibeli di apotek atau ploutry terdekat. Beberapa obat cacing kemasan yang kami rekomendasikan antara lain piperazin, levamizol, niklosamida, dan ivermectin. Pastikan untuk membaca dosis dari masing-masing obat tersebut sebelum Anda memberikannya pada ayam kesayangan Anda.

Nah, demikianlah ulasan mengenai beberapa obat cacing untuk ayam bangkok beserta cara penggunaannya. Kesemua obat tersebut sudah pernah saya coba, akan tetapi menurut saya obat yang paling efektif dan manjur untuk mengatasi cacingan pada ayam adalah obat herbal dari buah pinang. Silakan dicoba dan lihat sendiri khasiatnya. Semoga bermanfaat.

0 Response to "4 Obat Cacing Untuk Ayam : Obat Tradisional yang Ampuh"