Blog Ayam Bangkok

Resep Jamu Ayam Bangkok untuk Memulihkan Kekuatan

Untuk menjaga kesehatan dan stamina tubuh pasca diadu, ayam bangkok juara perlu mendapatkan perawatan khusus. Selain dengan mengistirahatkan (karantina) dan diobati luka-luka tubuhnya, ayam bangkok istimewa Anda juga perlu mendapatkan tambahan suplemen. Suplemen yang diberikan misalnya dapat berupa jamu racikan khusus. Pada artikel kali ini kita akan mempelajari resep racikan dan cara pembuatan jamu ayam bangkok yang dikhususkan untuk memulihkan kekuatan tubuh pasca berlaga tersebut. Silakan disimak dan dicatat untuk nantinya Anda praktikan di rumah!

Jamu Ayam Bangkok untuk Memulihkan Kekuatan

Pemberian kapsul trimisin, betadin, atau tetayokcin adalah perawatan yang dilakukan untuk menyembuhkan luka-luka pasca bertanding. Tidak cukup dengan itu, Anda juga perlu memberikan jamu khusus. Anda bisa membeli jamu-jamu pemulih stamina yang dijajakan di poultry shop. Akan tetapi jika aksesnya sulit, Anda juga dapat membuat jamu pemulih stamina ayam bangkok sendiri dirumah dengan memanfaatkan bahan-bahan herbal.

  1. Perawatan Ayam Bangkok setelah Diadu
  2. Perawatan Ayam Bangkok sebelum Diadu
  3. 7 Ciri Ayam Bangkok Pukulan Mematikan
Untuk membuat jamu ayam bangkok ini, beberapa bahan herbal yang Anda butuhkan antara lain kencur basah, beras, telur bebek, madu, dan gula aren. Secara lengkap, kebutuhan bahan-bahan tersebut dapat dijelaskan dalam resep berikut:
  • 50 gram kencur basah
  • 500 gram beras biasa
  • 3 butir telur bebek (diutamakan berasal dari bebek yang diumbar)
  • Madu dan gula aren secukupnya.

Setelah semua bahan tersebut tersedia, berikutnya Anda dapat meramu bahan-bahan tersebut menjadi jamu untuk ayam bangkok istimewa Anda. Berikut adalah cara pembuatannya:
  1. Pertama, rendam beras dengan air selama beberapa saat kemudian turuskan.
  2. Kupas kencur lalu tumbuk halus bersama beras yang telah dituruskan.
  3. Setelah beras dan kencur halus, selanjutnya campurkan telur bebek, gula aren, serta madu secukupnya.
  4. Selanjutnya, buat adonan tersebut menjadi butiran seukuran biji jagung. Jemur hingga kering.
  5. Setelah kering, simpan jamu tersebut dalam wadah yang kedap udara dan ditempat yang kering agar jamu bisa disimpan lama dan digunakan berulang ulang.

Ayam bangkok yang telah mengalami pertarungan sengit dan tubuhnya kelelahan bisa dipulihkan stamina tubuhnya dengan memberikan 1 atau 2 butir jamu yang telah Anda buat sesuai dengan parah tidaknya kondisi luka di tubuhnya. Adapun dalam pemberian jamu ayam bangkok ini, lebih disarankan agar kondisi perut si ayam tidaklah kosong. Berikan sarapan lebih dulu dengan 10 butir jagung dan sedikit nasi agar lambungnya dapat menerima jamu beras kencur ini.

Pemberian dihentikan jika ayam bangkok aduan Anda sudah menunjukan perubahan lebih baik. Jamu ini juga dapat diberikan pada ayam bangkok sehat sebagai penangkal serangan penyakit di musim hujan.

Demikianlah pemaparan sekilas mengenai cara pembuatan jamu pemulih stamina ayam bangkok  serta cara pemberiannya. Silakan dicoba dan buktikan perubahannya. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Resep Jamu Ayam Bangkok untuk Memulihkan Kekuatan"