Blog Ayam Bangkok

7 Kandungan Pakan Ayam Bangkok Rahasia Juara

Pakan adalah salah satu faktor penentu tingkat pertumbuhan dan kesehatan ayam bangkok aduan. Oleh karena itu, pakan yang diberikan kepada ayam harus mengandung zat-zat yang dibutuhkan olehnya. Kesalahan dalam penentuan jenis-jenis pakan akan mempengaruhi bagaimana perkembangan dan kemampuannya dalam bertarung di medan laga. Sebagai pehobi atau pembudidaya, Anda haruslah mengetahui zat-zat apa saja yang terkandung dalam pakan ayam bangkok aduan Anda sehingga ia dapat tumbuh dan menjadi ayam bangkok juara.

Kandungan Penting dalam Pakan Ayam Bangkok Aduan

Sedikitnya ada 7 zat yang harus terkandung dalam pakan ayam bangkok aduan Anda. Ketujuh kandungan harus diberikan secara seimbang tersebut antara lain protein, lemak, karbohidrat, vitamin dan mineral, air, hijauan, serta grit.

Kandungan Pakan Ayam Bangkok Rahasia Juara
  1. Keunikan Ayam Bangkok Blorok Madu
  2. 5 Jamu Ayam Bangkok Rahasia Botoh Tua
  3. Cara Tepat Memandikan Ayam Bangkok

1. Protein

Protein berfungsi sebagai zat pembangun tubuh. Protein berguna untuk meningkatkan jumlah otot serta daging, sehingga sangat dibutuhkan oleh anak ayam yang sedang dalam masa pertumbuhan, yaitu usia 0-5 bulan, serta oleh ayam-ayam  yang sedang dipersiapkan untuk diadu. Biasanya para pemilik ayam aduan akan menambahkan cincangan daging pada pakan ayam bangkok mereka untuk memenuhi kebutuhan proteinnya. Kadang kali kebutuhan protein juga dicukupi dengan pemberian kuning telur sebagai jamu pelengkap pakan. Adapun bagi anak ayam, kebutuhan protein biasanya telah tercukupi oleh konsentrat. Konstentrat mengandung tinggi protein yang sangat bermanfaat untuk mempercepat pertumbuhan anak ayam bangkok.

2. Lemak

Sama seperti protein, lemak pun dibutuhkan anak ayam yang sedang dalam masa pertumbuhan. Adapun untuk ayam yang akan diadu, kandungan lemak tidak begitu dibutuhkan. Ayam yang ingin di adu justru harus singset, langsing, tubuhnya padat berisi, dan tidak menampung banyak lemak. Apabila terlalu banyak lemak, badan ayam akan berat sehingga mudah lelah atau tidak mampu terbang dan memukul. Oleh karena itu, hindarilah pakan ayam bangkok dengan kandungan lemak tinggi, jika Anda ingin ayam Anda jago pukul.

3. Karbohidrat

Untuk menjaga stamina bertarung, karbohidrat sangat dibutuhkan oleh ayam bangkok aduan. Karbohidrat adalah sumber tenaga bagi ayam bangkok. Porsi zat ini harus besar dalam pakannya jika kita ingin stamina bertarungnya tetap terjaga di ronde-ronde akhir pertarungan. Adapun kebutuhan akan karbohidrat ayam bangkok dapat kita cukupi dengan makanan pokok berupa beras merah, gabah, atau jagung pipil.

4. Vitamin Dan Mineral

Vitamin dan mineral bermanfaat dalam meningkatkan kekebalan dan daya tahan tubuh serta kelincahan ayam bangkok sewaktu bertarung. Vitamin dan mineral juga berguna sebagai katalisator dalam proses metabolisme tubuhnya.

Jumlah vitamin yang dibutuhkan ayam tidak terlalu banyak, hanya 1 sampai 2% dari total ransum yang diberikan. Adapun vitamin paling penting yang sangat mempengaruhi kemampuan bertarung ayam adalah vitamin B kompleks. Oleh karena itu, pemberian vitamin jenis ini harus benar-benar diperhatikan jumlahnya dalam pakan ayam bangkok aduan Anda.

5. Air

Selain pakan, ayam juga butuh air. Air digunakan sebagai pelarut dalam proses metabolisme tubuhnya seperti dalam proses pencernaan, mengatur suhu badan, dan mengatur kerja enzim di dalam tubuhnya. Kebutuhan akan air tak kalah pentingnya dengan pakan, oleh karena itu, rutinlah memeriksa ketersediannya di dalam kandang ayam bangkok Anda.

6. Hijauan

Hijauan merupakan pakan tambahan bagi ayam bangkok aduan. Bahan-bahan seperti kecambah kacang hijau, kangkung, dan daun pisang muda diberikan sebagai pelancar pencernaan, terutama pada ayam berumur dua bulanan. Anda bisa memberikan jenis hijauan apapun yang disukai ayam asalkan bahan tersebut mengandung air dan tidak memberikan efek racun bagi si ayam.

7. Grit

Sama seperti hijauan, grit juga diberikan untuk membantu pencernaan ayam terutama pada organ temboloknya. Grit bisa berupa kulit kerang atau cangkang bekicot. Bahan-bahan tersebut bisa dimasukan pada pakan ayam bangkok aduan Anda yang telah berumur > 3 bulan. Pemberian grit pada ayam usia tersebut bisa melukai sistem pencernaannya.

Nah, demikianlah pemaparan mengenai kandungan-kandungan penting yang harus ada dalam pakan ayam bangkok aduan Anda. Silakan dicermati dan ditelaah, kemudian sesuaikan kandungan pakan yang Anda berikan pada si ayam dengan komposisi semestinya. Semoga bermanfaat.

0 Response to "7 Kandungan Pakan Ayam Bangkok Rahasia Juara"