Blog Ayam Bangkok

Inilah Cara Merawat Ayam Bangkok yang Harus Rutin Dilakukan

Perawatan ayam bangkok dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu perawatan rutin dan perawatan berkala. Perawatan rutin adalah perawatan yang dilakukan sehari-hari sedangkan perawatan berkala adalah perawatan yang dilakukan untuk tujuan tertentu, misalnya untuk mempersiapkan fisik sebelum berlaga atau perawatan untuk memulihkan kondisi setelah bertarung. Adapun pada artikel kali ini, kita akan mengulas tentang cara merawat ayam bangkok yang  rutin dilakukan sehari-hari. Artikel ini khusus untuk para pemula, bagi yang sudah mahir, dipersilakan untuk menuju artikel lainnya. Silakan disimak!

Cara Merawat Ayam Bangkok

Tidak seperti ayam biasa, ayam bangkok aduan perlu dirawat secara khusus setiap harinya. Perawatan ini bertujuan agar ayam bangkok kesayangan kita selalu ada dalam kondisi prima dan terbebas dari serangan penyakit dan hama. Adapun agar kondisi prima pada ayam tetap terjaga, beberapa perawatan sehari-hari seperti mandi, penjemuran, latihan, istirahat, serta pemberian pakan dan suplemen perlu diberikan sehari-harinya.

Cara Merawat Ayam Bangkok

  1. Cara Merawat Ayam Bangkok sebelum Diadu Agar Menang
  2. Cara Merawat Ayam Bangkok setelah Diadu
  3. Cara Tepat Memandikan Ayam Bangkok

1. Mandi

Cara merawat ayam bangkok kesayangan yang paling utama adalah ia harus dimandikan setiap harinya. Mandi dilakukan pada pukul 6.00 – 7.00 pagi menggunakan air bersih. Memandikan ayam penting dilakukan untuk menjaga kesegaran dan kesehatannya. Bagi Anda yang masih pemula, belajarlah pada para botoh di kampung Anda tentang bagaimana cara memandikan ayam bangkok yang benar.

2. Umbar

Setelah ayam dimandikan, letakan ia di dalam kandang umbaran untuk mengeringkan tubuhnya. Jangan meletakan ia di dalam kurungan karena akan membuatnya tidak bebas mengepakan sayap-sayapnya yang basah. Biarkan ayam berada dalam kandang umbaran hingga sore sehingga ia bebas bermain ke sana kemari.

3. Lari

Ayam bangkok aduan juga sesekali butuh berinteraksi dengan ayam-ayam lainnya. Oleh karena itu, setiap 3 kali dalam seminggu berikan ia ayam babon atau ayam untulan untuk dikejar. Biarkan ia tetap menjalani kodratnya sebagai ayam bangkok. Jangan terlalu dikekang dalam kandang saja.

4. Istirahat

Setelah seharian berada dalam kandang umbaran, pukul 4.00 sore ayam harus segera dikandangkan. Istirahatkan tubuhnya agar jangan sampai mengalami kelelahan. Berikan pakan dan minum sesuai dengan umurnya dan biarkan ia beristirahat.

5. Suplemen

Selain perlu pakan dan minum cukup, agar tetap sehat, ayam aduan juga membutuhkan suplemen tambahan. Berikan ia multivitamin B kompleks setiap 2 hari sekali. Selain itu, gula merah dan tomat juga bisa ditambahkan sebagai suplemen alami penunjang kekebalan tubuhnya.

Bagi ayam yang memang dikhususkan sebagai petarung sejati, Anda juga dapat memberikan beberapa ramuan khusus secara tentatif disesuaikan dengan keperluannya. Ramuan-ramuan yang bisa dibuat sendiri tersebut misalnya:
  • Ramuan untuk meningkatkan stamina bertarung
  • Ramuan untuk menambah tenaga
  • Ramuan untuk membuat napas ayam menjadi panjang
  • Ramuan untuk memulihkan kekuatan setelah bertarung [Selengkapnya tentang Ramuan dan Jamu]

Nah, demikianlah beberapa cara merawat ayam bangkok yang harus dilakukan rutin setiap harinya. Terlihat cukup menyita waktu memang. Tapi bagi para pehobi, ini tentu sudah menjadi kewajiban yang menyenangkan.

0 Response to "Inilah Cara Merawat Ayam Bangkok yang Harus Rutin Dilakukan"