Blog Ayam Bangkok

Cara Memandikan Ayam Bangkok sesuai Anjuran Botoh Tua + Video

Ayam bangkok aduan kesayangan haruslah memiliki penampilan oke. Tidak hanya penampilan tubuh yang tegap dengan bulu yang indah, tetapi juga penampilan tubuh yang bersih dan segar. Untuk mendapatkan penampilan tubuh yang demikian, diperlukan berbagai macam perawatan. Tidak cukup dengan memberi pakan dan menempatkannya di dalam kandang yang bersih dan aman. Ayam juga perlu dimandikan setiap pagi. Bagi para pemula, kegiatan memandikan ayam aduan sering kali dilakukan dengan asal-asalan. Padahal ini bisa berpengaruh terhadap performanya ketika bertarung. Oleh karena itu, pada pembahasan berikut akan kita bahas seputar bagaimana cara memandikan ayam bangkok yang benar sesuai pengalaman para botoh tua. Silakan disimak!

Cara Memandikan Ayam Bangkok

Setiap hari, ayam aduan harus dimandikan agar semua kotoran yang melekat pada tubuh dan bulu-bulunya bersih. Dengan dimandikan secara rutin, kondisi fisiologis dan bentuk tubuh ayam bangkok akan menjadi lebih prima dan penampilannya akan lebih mempesona.

Cara Memandikan Ayam Bangkok

Untuk memandikan ayam bangkok aduan, waktu yang paling tepat adalah sekitar pukul 08.00 pagi. Cara memandikannya adalah dengan menggunakan air bersih biasa. Jangan sekali-kali menggunakan air hangat ketika memandikan ayam, karena air hangat bisa merusak jaringan tubuh dan pertumbuhan bulunya.

Setelah air bersih dan peralatan mandinya siap, selanjutnya Anda bisa langsung menerapkan cara memandikan ayam bangkok sesuai anjuran para botoh tua berikut ini:
  1. Apit ayam menggunakan kedua kaki pada posisi membelakangi Anda.
  2. Tundukan kepala lalu basuh kepalanya itu dengan busa yang sudah dibasahi dengan air bersih. Posisi menunduk ini memudahkan turunnya air yang membasahi muka ayam.
  3. Masih dalam posisi menunduk, leher ayam dipegang dengan tangan kiri. Tangan kanan mengguyurkan air secara perlahan-lahan hingga mengenai bagian tengkuk sampai pangkal sayap.
  4. Sesudah itu, leher dibasuh dengan handuk kering supaya tidak terlalu banyak kandungan air pada bulu hiasnya. Kemudian bagian dada dibasuh dengan handuk hingga ke bawah sampai ke bagian belakang (kloaka). Daerah sekitar kloaka harus benar-benar bersih sebab kotoran sering menempel di bagian ini.
  5. Basuh dengan handuk basah bagian sayap sampai ketiak dan bagian paha serta kaki ayam dibasahi hingga betul-betul bersih.
  6. Bagian punggung tidak perlu dimandikan, karena jika sering kena air justru dapat merusak bulu-bulu sehingga menjadi kusut dan mudah patah.
  7. Bagian yang terakhir kali dibersihkan adalah brutu (dubur ayam).
  8. Perlu diingat bahwa setiap kali habis dipakai, busa atau handuk yang digunakan hendaknya selalu dicuci dan diperas supaya tetap bersih dan mengandung air secukupnya.

Seusai dimandikan, ayam dimasukkan ke dalam kurungan dan dijemur di bawah sinar matahari pagi supaya tubuhnya yang basah menjadi kering. Sinar matahari pagi sebelum pukul 10.00 sangat baik untuk kesehatan ayam, karena mengandung pro vitamin D (vitamin D dalam bentuk inaktif) yang sangat membantu pertumbuhan tulang dan bulu. Pro vitamin D dalam tubuh ayam akan diolah menjadi vitamin D.

Lebih jelas mengenai cara memandikan ayam bangkok yang benar dapat Anda saksikan dalam video berikut ini:

Cara memandikan ayam bangkok seperti yang dijelaskan di atas bukan hanya dapat membuat ayam menjadi segar dan bersih, namun juga aman bagi ayam. Hindari teknik dengan menceburkan ayam langsung ke bak air. Bisa-bisa ayam Anda mati karena kedinginan. Perhatikan dengan benar cara-cara yang telah diuraikan di atas. Semoga dapat bermanfaat!

0 Response to "Cara Memandikan Ayam Bangkok sesuai Anjuran Botoh Tua + Video"