Blog Ayam Bangkok

7 Cara Jitu Melatih Mental Ayam Bangkok Aduan

Artikel diintisarikan dari : Buku Jurus Sakti Mencetak Ayam Bangkok Jawara Petarung karya Hardiman Soerjadi.

Satu hal yang dibutuhkan ayam bangkok aduan ketika hendak bertarung menuju medan laga adalah terpenuhinya kebutuhan fisik, mulai dari konsumsi, kesehatan, hingga masalah latihan fisik.

Selain itu, ayam bangkok juga membutuhkan mental kuat agar dapat menang di medan pertarungan. Oleh karena hal ini, ayam aduan haruslah mendapatkan pelatihan mental agar ia tidak minder saat ditarungkan. Akan tetapi, banyak pehobi ayam bangkok aduan yang masih bingung tentang bagaimana cara melatih mental ayam bangkok aduan yang mereka miliki. Tak sedikit di antara mereka yang salah menerapkan latihan mental, sehingga bukannya menjadi bermental juara, ayam bangkok aduan miliki mereka justru jadi bermentalnya kerupuk.

Cara Melatih Mental Ayam Bangkok Aduan

Satu-satunya cara melatih mental ayam bangkok aduan yang bisa dilakukan adalah dengan mencoba ayam jagoan Anda bertarung dengan ayam lainnya.

Latihan ini sangat diperlukan terutama oleh ayam yang akan diturunkan ke gelanggang supaya mentalnya kuat dan memberikan pengalaman tarung yang lebih kepadanya.

Cara Jitu Melatih Mental Ayam Bangkok Aduan
  1. [AMPUH!] Cara Alami Mengobati Luka Mata pada Ayam Bangkok Aduan 
  2. Agar Menang, Lakukan Perawatan Ayam Bangkok Ini sebelum Diadu! 
  3. 7 Ciri Ayam Bangkok Aduan dengan Pukulan Mematikan
Cara melatih ayam bangkok yang dimaksud adalah latihan yang menggunakan sistem jajal tarung.

Latihan jajal tarung ini perlu dilakukan 30 hari sebelum bertanding. Frekuensi latihannya dapat diatur sedemikian rupa yang penting tetap disesuaikan dengan kondisi ayam. Akan tetapi, semakin banyak latihan jajal tarung yang Anda berikan pada ayam maka akan semakin baik hasil yang Anda peroleh.

Latihan mental menggunakan sistem jajal tarung dapat dilakukan 5 kali sehari. Paling sedikit adalah 7 hari sekali. Dengan demikian, dalam 30 hari masa latihan, ayam akan menerima minimal 4 sampal 7 kali latihan jajal tarung.

Adapun waktu melatih yang tepat di sore hari pada pukul 16.00 sampai 17.00. Ketika ayam sudah diberi latihan jajal tarung, maka latihan lari sudah tidak perlu diberikan lagi.

Berikut ini tips memberikan latihan jajal tarung yang dapat dilakukan untuk melatih mental ayam bangkok aduan Anda.

Jajal Tarung 1

Langkah dan cara melatih mental ayam bangkok aduan diawali dengan memberi latihan jajal tarung 1. Pada waktu latihan jajal tarung 1 tidak perlu terlalu lama. Berikan latihan 1 ronde, per ronde 10 menit. Pada waktu ini, paruh dan jalu ayam jagoan Anda dan lawannya harus dibungkus. Membungkus paruh dan jalu ayam bertujuan untuk menghindari terjadinya luka, selain juga untuk meningkatkan emosi ayam. Paruh dan jalu yang dibungkus akan membuat ayam susah untuk melakukan pukulan dan kebanyakan hanya mengeluarkan teknik-teknik yang memberikan banyak gerakan cepat sehingga sangat bagus untuk otot-otot ayam.

Jajal Tarung 2

Pada jajal tarung 2, paruh dan jalu ayam tetap dibungkus. Latihan jajal tarung 2 ini juga dilakukan 1 ronde saja.

Jajal Tarung 3 dan 4

Latihan jajal tarung 3 dan 4 ini berdurasi lebih lama, yaitu dua kali sepuluh menit alias ada dua ronde latihan. Paruh dan jalu harus masih dalam keadaan terbungkus untuk menghindari luka dan meningkatkan emosi ayam.

Jajal Tarung 5

Jajal tarung 5 adalah latihan menjelang akhir. Latihan kali ini diberikan dalam tiga ronde atau sepuluh menit kali tiga. Paruh dan jalu ayam yang Anda latih tidak lagi dibungkus. Akan tetapi, paruh dan jalu lawan masih dalam kondisi dibungkus. Pada jajal tarung 5 ini akan memperlihatkan peningkatan gaya, kecepatan dan pengalaman tarung ayam yang sedang Anda latih. Ayam tersebut akan sesuka hati melakukan pukulan- pukulan ke arah lawan yang kondisi paruh dan jalunya terbungkus. Di sinilah akan terbentuk mental tarung yang tangguh.

Mental dan rasa percaya diri ayam akan meningkat dengan baik karena terus menerus memukul lawan dengan mudah. Saat jajal tarung 5 ini, tipe ayam aduan Anda akan terlihat. Jika tipe ayam pukul bisa dipastikan rata-rata pukulannya akan mengenai tempat-tempat vital lawan. Jika tipe ayam jalu maka minimal di 5 menit pertama, beberapa tikaman sudah bersarang di tubuh lawan tarungnya.

Apabila tidak ada satupun tikaman jalu yang bersarang, berarti ayam yang Anda latih bukan tipe ayam jalu. Maka, sebaiknya jalu yang dimilikinya dipotong karena akan merugikannya bila di gelanggang harus bertemu dengan lawan lain yang memiliki jalu.

Jajal Tarung 6

Latihan jajal tarung 6 sudah seperti berada di medan laga sesungguhnya. Paruh lawan tarung sudah tidak dibungkus lagi, akan tetapi jalu lawan tetap dibungkus untuk menghindari luka. Seperti jajal tarung 5, latihan ini selama tiga ronde. Ayam aduan Anda akan merasakan bagaimana menerima patukan dan pukulan dari lawan. Ayam akan mengalami pendarahan di sekitar mukanya akibat patukan.

Istirahat Latihan

Setelah latihan jajal tarung 6 ayam harus istirahat minimal selama 5 hari. Waktu istirahat ini untuk menyembuhkan luka dan mengembalikan tenaganya. Ayam tidak perlu menerima latihan lari di sore hari akan tetapi senam pagi tetap diberikan.

Apabila di latihan jajal tarung 6 ayam mengalami banyak luka di bagian muka, maka pengobatan harus dilakukan agar luka-luka cepat kering dan sembuh. Bekas-bekas luka yang timbul secara tidak langsung memberikan nilai lebih bagi ayam, karena kulit-kulit mukanya akan semakin tebal dan lebih tidak mudah untuk terluka.

Jajal Tarung 7

Lima hari istirahat adalah waktu yang cukup untuk penyembuhan luka. Latihan jajal tarung 7 harus Anda berikan. Jajal tarung kali ini adalah jajal tarung menuju medan laga. Berikan latihan ini selama lima ronde, sepuluh menit kali lima. Apabila lawan sudah lari atau KO sebelum ronde kelima maka ayam yang Anda latih sudah berhasil. Ukuran sebaliknya, jika ayam yang Anda latih tidak mampu menyelesaikan sampai 5 ronde, bisa jadi Anda tidak perlu menurunkannya di medan laga. Anda harus mulai lagi latihan mental dan fisik dari awal untuk bisa mencetak ayam aduan juara.

Dalam melatih mental dengan sistem jajal tarung ini sebisanya lawan-lawan tanding ayam yang Anda latih memiliki teknik tarung yang berbeda-beda. Dengan demikian, pengalaman yang akan diperoleh ayam jagoan Anda akan semakin banyak. Semakin banyak jajal tarung yang diterima ayam, maka akan semakin kuat mental dan pengalaman tarungnya.

Demikian pemaparan mengenai cara melatih ayam bangkok dari sisi mentalnya. Silakan dicoba dan buktikan keampuhannya. Semoga bermanfaat!

NB : Setelah mengalami latihan mental melalui cara melatih ayam bangkok dengan sistem jajal tarung, sebelum diturunkan ke medan laga, ayam sebaiknya mendapat perawatan khusus. Perawatan khusus yang diberikan sebelum turun laga dapat Anda pelajari di artikel ini.

0 Response to "7 Cara Jitu Melatih Mental Ayam Bangkok Aduan"