Blog Ayam Bangkok

Ayam Bangkok Pakhoy, Ciri, Gambar, dan Jenisnya

Kecintaan para pehobi ayam seluruh dunia telah mendorong munculnya beragam jenis ayam petarung modern. Salah satu yang dewasa ini begitu terkenal dan digandrungi misalnya adalah ayam bangkok pakhoy. Bagi Anda yang belum pernah mendengar jenis ayam petarung yang satu ini, silakan simak pembahasan mengenai profil, keunggulan, ciri fisik, dan kelemahannya ketika bertarung berikut ini.

Ayam Bangkok Pakhoy

Ayam bangkok Pakhoy adalah salah satu generasi ayam aduan modern yang berasal dari sebuah daerah di Selatan Kota Bangkok, Thailand. Nama pakhoy sendiri sengaja diberikan pada ayam petarung satu ini untuk mengingatkan bahwa ayam ini sangat berbahaya. Pakhoy dalam bahasa Thailand berarti penumpas atau pembunuh setan. Istilah setan yang dimaksud dalam nama ini adalah sebutan untuk ayam birma yang pernah mengalahkan bangkok super pada masa silam.

Ayam Bangkok Pakhoy

  1. Mengenal Ayam Bangkok Blorok Madu 
  2. Ayam Bangkok Birma si Petarung Sejati
  3. 7 Ciri Ayam Bangkok dengan Pukulan Mematikan
Merunut pada sejarahnya, ayam bangkok Pakhoy sendiri merupakan pengembangan dari ayam bangkok biasa melalui teknik breeding khusus. Ayam bangkok Pakhoy dirancang untuk dapat bertarung dengan seluruh jenis ayam dengan ukuran yang bervariasi, termasuk dengan ayam bangkok saigon.

Kelebihan Ayam Pakhoy

Ayam "rakitan" dari Thailand bagian selatan ini mempunyai beberapa kelebihan dibandingkan dengan ayam bangkok biasa. Kelebihannya tersebut antara lain gerakannya yang cepat sehingga memudahkan dirinya untuk berkelit dari pukulan lawan, langkahnya yang lincah sehingga memberikan peluang lebih besar untuk memutar, sudut tengokannya yang lebar memungkinkan kemenangan saat mengalung leher lawan, serta pukulannya sangat tajam dan panas.

Selain memiliki kelebihan-kelebihan di atas, ayam bangkok Pakhoy juga dikenal memiliki gaya bertanding yang urakan, cepat, dan mematikan. Tak jarang karena pukulannya yang akurat, lawan-lawannya tunggang langgang pada menit-menit pertama pertandingan.

Karakter Pertarungan

Karakter paling mudah untuk mengetahui jenis ayam ini adalah gaya permainannya yang dominan mematuk punggung lawan dan memukul keras ke arah badan atau sayap. Karena gaya permainannya yang seperti ini, ia sering memperoleh sebutan sebagai ayam cangkul.

Seiring dengan perkembangannya, saat ini telah banyak turunan generasi dari ayam pakhoy, seperti makhoy (pama- pakhoy), pathai (pakhoy-bangkok thai), dan pagonthai. Masing-masing keturunan dari generasi ayam bangkok pakhoy ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Kelemahan Ayam Pakhoy

Meski memiliki banyak keunggulan, tak dipungkiri pula bahwa ayam bangkok pakhoy juga memiliki beberapa kelemahan. Adapun kelemahan utama dari ayam pakhoe ini adalah mentalnya yang kurang baik ketika bertanding terlalu lama. Pukulannya yang lebih banyak mengarah ke arah badan juga membuat lawan memiliki kesempatan lebih banyak untuk menyerang.

Jika Anda memiliki ayam ini, kelemahan-kelemahan ayam pakhoy tersebut perlu Anda perhatikan dengan seksama. Latihan mental sangat diperlukan untuk membuatnya lebih siap bertanding, sedangkan untuk pukulan, Anda bisa melatihnya dengan beberapa teknik dasar seperti yang sudah dibahas pada artikel sebelumnya.

Nah, demikianlah sekilas profil ayam bangkok Pakchoy, ciri, keunggulan, serta kelemahannya yang dapat kami sampaikan. Semoga dapat menjadi informasi berguna bagi Anda.

0 Response to "Ayam Bangkok Pakhoy, Ciri, Gambar, dan Jenisnya"