Blog Ayam Bangkok

Ayam Bangkok Birma : Ciri, Keunggulan, dan Teknik Bertarungnya

Akhir-akhir ini, pehobi ayam aduan di tanah air digegerkan dengan hadirnya varian ayam petarung baru yang berasal dari Myanmar. Ayam ini dikenal dengan nama ayam bangkok birma. Adapun kegegeran pehobi ayam Indonesia bukan tanpa sebab. Ayam ini diketahui memiliki teknik bertarung yang luar biasa ampuh. Bagi Anda yang belum pernah melihat bagaimana keampuhan teknik bertarung ayam birma ini, simaklah pembahasan yang akan mengupas ciri-ciri, keunggulan, serta keunikan teknik bertarung si ayam bangkok birma berikut ini!

Ayam Bangkok Birma

Sesuai dengan namanya, ayam bangkok birma berasal dari negara Myanmar. Seperti halnya Indonesia, Myanmar juga memiliki banyak pehobi ayam petarung. Ayam-ayam unggul dari negeri Myanmar juga sudah banyak menyebar ke seluruh penjuru dunia, terutama untuk kawasan Asia Tenggara.

Ayam Bangkok Birma
  1. Perawatan Ayam Bangkok setelah Diadu
  2. Perawatan Ayam Bangkok sebelum Diadu
  3. 7 Ciri Ayam Bangkok Pukulan Mematikan
Ayam bangkok birma sendiri dikenal memiliki keunggulan yang jarang dimiliki ayam petarung jenis lain di dunia. Ayam ini memiliki pukulan yang akurat dan mematikan, pergerakannya lincah, serta taktik bermain yang diplomatis. Keunggulan inilah yang membuat ayam bangkok birma dijual hingga jutaan rupiah.

Ciri Ciri Ayam Bangkok Birma

Bagi Anda para botoh ayam yang sudah lama malang melintang di dunia perayaman, saya yakin Anda sudah pernah melihat bagaimana ciri khas dan bentuk tubuh dari ayam unggul satu ini, entah itu melihat di arena gelanggang atau di kandang milik teman. Adapun bagi Anda yang belum pernah melihatnya, Anda dapat mengenali ayam bangkok birma asli dari ciri-ciri fisiknya yang antara lain:
  1. Bentuk dan ukurannya kecil, lebih kecil dibanding ayam bangkok asli, ayam bangkok pakhoy, dan ayam bangkok saigon. 
  2. Berat ayam bangkok birma asli dewasa antara 2,0 sampai 2,5 kg.
  3. Tulang ayam bangkok birma berukuran kecil. Inilah salah satu kelemahan dari ayam ini. Oleh karena itu, jika akan diadu disarankan untuk menunggu usianya hingga 12-15 bulan sehingga tulangnya keras dahulu.
  4. Paruhnya tajam dalam garis lurus sedang matanya melotot.
  5. Bentuk jenggernya ada yang berbentuk seperti bantam ular, tanduk ular, atau seperti cabe rawit.
  6. Bulu sayapnya tebal dan panjang sedang tajinya mengirim (spurs sent).
  7. Sisik dikakinya kecil tapi penuh. Ini merupakan ciri dari ayam yang memiliki pukulan akurat.

Gaya Tarung Ayam Bangkok Birma

Meski dari fisiknya terlihat kecil, namun ayam bangkok birma diketahui mempunyai gaya tarung yang khas. Gaya tarungnya ini dikenal dengan istilah gaya “elit diplomatik”. Disebut demikian karena si ayam tidak akan mau bertarung dengan berhadap hadapan jika tidak terdesak. Ia hanya akan menggunakan taktik dan kecerdikannya untuk mengalahkan sang lawan. Beberapa taktik dan teknik bertarung ayam ini antara lain:
  1. Ia akan bergerak terus untuk mencari kesempatan memukul. Pergerakannya lincah seperti mengikuti irama tari yang dilakukannya bertujuan untuk mengindari serangan lawan.
  2. Kesempatan memukul yang diperoleh akan ia gunakan dengan sebaik-baiknya sehingga pukulannya tepat mengenai titik kelemahan di kepala lawan.
  3. Pukulannya yang akurat sering membuat lawan KO. Jangan heran jika ayam adu yang ukuran tubuhnya lebih besar dari ayam birma bisa langsung kejang-kejang karena syarafnya terputus akibat taji ayam bangkok birma yang menyasar.
  4. Pukulan ayam bangkok birma lebih sering menyasar telinga dan mata lawan, dua bagian sensitif yang sangat berbahaya jika diserang.
  5. Untuk mendapat kesempatan memukul, ayam bangkok birma akan membuat lawan lebih dulu lelah dan lengah dengan cara terus memutar dengan lincah.

Keungulan Ayam Bangkok Birma

Ayam bangkok birma memiliki sifat unggul berupa pukulan akurat, pergerakan yang lincah, serta teknik bermain yang diplomatik dan penuh taktik. Akan tetapi, ia memiliki kelemahan berupa ukuran tulang yang kecil. Ukuran tulang semacam ini akan membahayakan bila ia memperoleh pukulan lebih dulu secara bertubi-tubi.

Kelemahan ini oleh para botoh sering kali ditutupi dengan cara mengawinkan ayam birma asli dengan ayam-ayam lain yang bertulang besar seperti ayam Thailand, ayam saigon, ayam pakhoy dan lain sebagainya. Ciri dan keunggulan masing-masing hasil persilangan ayam bangkok birma campuran dapat Anda ketahui di artikel ini.

Nah, itulah pemaparan sekilas mengenai ayam bangkok birma mulai dari ciri fisik, gaya bertarung, dan keunggulannya. Apakah Anda tertarik untuk memiliki ayam jenis ini untuk koleksi?

0 Response to "Ayam Bangkok Birma : Ciri, Keunggulan, dan Teknik Bertarungnya"